Pengguna dapat meninjau data pengajuan dan melakukan verifikasi terhadap pengajuan akses yang diajukan oleh Non Penyedia yang memiliki status Menunggu Verifikasi.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan proses verifikasi pengajuan akses adalah, data pengajuan akses Non Penyedia yang sedang dilakukan verifikasi, atau telah dilakukan verifikasi oleh Verifikator, tidak dapat dipindah atau ditransfer kepada verifikator lainnya.
Berikut merupakan tahapan untuk meninjau dan melakukan verifikasi pengajuan akses:
- Pada halaman daftar pengajuan akses, klik tombol “Tinjau Pengajuan” pada nama Non Penyedia yang berstatus “Menunggu Verifikasi” atau “Ditunda”.
- Setelah itu, Pengguna akan diarahkan ke halaman detail data pengajuan Non Penyedia. Pengguna dapat melihat informasi mengenai Informasi Profil, Informasi Akses/Peran, dan juga mengunduh dokumen Surat Keterangan Kerja/Surat Tugas yang telah diunggah oleh Non Penyedia pada saat melakukan pendaftaran akses.
- Klik tombol “Mulai Verifikasi”.
- Setelah itu, Pengguna dapat mulai melakukan pengecekan terhadap data-data yang dimasukkan oleh Non Penyedia dengan dokumen yang dilampirkan.
- Untuk melihat dokumen yang dilampirkan, Pengguna dapat mengklik nama dokumen yang terdapat pada bagian Dokumen, lalu secara otomatis dokumen akan tersimpan ke dalam perangkat pengguna.
- Jika seluruh data valid dan cocok, Pengguna dapat menerima pengajuan akses Non Penyedia dengan mengklik tombol “Terima”.
- Lalu, akan muncul pop up box untuk mengkonfirmasi hasil verifikasi. Klik tombol “Ya, Lanjutkan” untuk menyetujui verifikasi.
- Jika dari hasil peninjauan, terdapat ketidakcocokan antara dokumen dengan data yang dimasukkan oleh Non Penyedia, maka Pengguna dapat menolak pengajuan akses Non Penyedia dengan mengklik tombol “Tolak”.
- Setelah itu, sistem akan menampilkan pop up box untuk mengisikan alasan penolakan. Pilih alasan penolakan yang sesuai, atau klik pilihan Lainnya, lalu tuliskan alasan penolakan pada kolom Keterangan Tambahan, setelah itu klik tombol “Kirim Penolakan”. Dan secara otomatis status verifikasi akan berubah menjadi “Ditolak“ dan Non Penyedia akan menerima email penolakan beserta dengan alasan penolakan.
- Namun, jika Pengguna ingin menunda proses verifikasi, maka Pengguna dapat mengklik tombol “Tunda”.
- Lalu akan muncul pop up box untuk mengisikan alasan penundaan pada kolom Keterangan Tambahan, dan klik tombol “Simpan dan Tunda”. Secara otomatis, status verifikasi akan berubah menjadi “Ditunda”.
Catatan: Jika terdapat data Non Penyedia yang statusnya Ditunda oleh Verifikator Akun Inaproc, maka data Non Penyedia tersebut tidak dapat diverifikasi oleh Verifikator yang lain.