Memulai Mini Kompetisi Memulai Mini Kompetisi

Memulai Mini Kompetisi

 

Setelah berhasil masuk pada halaman beranda katalog elektronik versi 6, PPK/ PP dapat langsung memulai pembuatan mini-kompetisi dengan langkah - langkah sebagai berikut: 

  1. Masuk pada menu Daftar Transaksi

                                                  

  1. PPK/ PP dapat memilih menu kompetisi yang ada di daftar transaksi. 
  2. Setelah memilih salah satu menu yang ada pada daftar transaksi, maka selanjutnya akan muncul menu mini kompetisi pada halaman tersebut.

                                       

  1. Selanjutnya PPK/PP dapat memilih menu kompetisi dan kemudian klik tambah kompetisi

                                      

  1. Selanjutnya akan masuk ke halaman pilih jenis kompetisi

          Pada halaman ini, Terdapat 2 jenis kompetisi yang dapat dibuat oleh PPK/PP, yaitu: 

      1.   Non Konstruksi

            Khusus pengadaan di tipe kategori barang, jasa, dan digital.

  1. Konstruksi

            Khusus pengadaan di tipe kategori konstruksi

 

 Non Konstruksi

` PPK/PP akan melanjutkan proses pembuatan mini-kompetisi dengan memilih jenis kompetisi non Konstruksi ini, PPK/PP harus memastikan bahwa pengadaan ini adalah untuk kategori barang, jasa, dan digital.

                               

Setelah PPK/PP memilih jenis kompetisi non konstruksi, maka selanjutnya PPK/PP menekan tombol “Buat Kompetisi”, dan akan langsung masuk ke dalam halaman pembuatan kompetisi.

                           

 

Selanjutnya setelah masuk ke halaman pembuatan kompetisi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat kompetisi. yaitu:

  1.   Pilih Rencana Umum Pengadaan (RUP)

Langkah pertama dalam pembuatan kompetisi adalah memilih Rencana Umum Pengadaan (RUP) sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dalam pengadaan ini. 

                                        

PPK/PP yang akan membuat kompetisi dapat memilih RUP yang akan digunakan untuk pembuatan kompetisi ini, dengan menekan tombol “Pilih RUP”.

Selanjutnya jika sudah terbuka halaman RUP, silahkan memilih RUP yang terdaftar pada Daftar RUP.

                                     

Untuk memudahkan pencarian RUP sesuai dengan kebutuhan penggunaan, hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan memasukkan nama paket atau kode RUP yang disediakan instansi lalu pilih sesuai RUP yang tersedia pada daftar RUP
  2. Jika pencarian masih belum terlalu detail, maka silahkan memasukkan “Jenis Pengadaan”, pada kolom yang disediakan untuk dapat melakukan pencarian yang lebih spesifik pada RUP yang ingin digunakan dalam pembuatan kompetisi. Sebagai catatan, RUP yang muncul adalah semua RUP yang terdaftar pada SIRUP. 

Setelah menemukan RUP yang sesuai, selanjutnya PPK/PP dapat ,menekan tombol “Pilih RUP”.

 

                                      

Selanjutnya akan kembali ke halaman pembuatan kompetisi dengan detail RUP yang telah berhasil dipilih.

                               

  1.   Judul Kompetisi

Langkah berikutnya dalam proses pembuatan mini kompetisi ini adalah membuat judul dari kompetisi tersebut. Tujuan dari pembuatan judul ini untuk memberikan arah yang lebih jelas dan spesifik tentang pengadaan yang dikompetisikan.

                              

  1.  Jadwal Kompetisi

Langkah selanjutnya, PPK/PP menentukan jadwal kompetisi dilakukan. Ada beberapa elemen yang harus diisi secara detail dalam proses pembuatan kompetisi ini. yaitu:

  1. Tanggal Penawaran

PPK/PP  menentukan kapan penawaran dimulai dan kapan penawaran itu berakhir. Perlu juga diperhatikan untuk memasukkan tanggal penawaran minimal 1 X 24 jam periode kompetisi.

  1. Jam

Diikuti juga jam dimulai dan jam berakhirnya penawaran tersebut

                          

 

  1.  Kualifikasi Penyedia

Langkah selanjutnya PPK/PP akan diminta untuk menentukan penyedia yang bisa mengikuti kompetisi ini.

 

                    

 

Ada dua jenis kualifikasi penyedia pada katalog elektronik versi 6 saat ini. yaitu:

  1. UMK

Jenis kualifikasi ini merupakan penyedia barang dan jasa dari skala usaha mikro dan kecil. Untuk nilai total pagu kompetisi dengan nilai sampai dengan Rp15.000.000.000,00 (lima belas miliar rupiah) diperuntukan bagi Usaha Mikro, Usaha Kecil atau Koperasi. Apabila paket tersebut menuntut kemampuan teknis yang tidak dapat dipenuhi oleh Usaha Mikro, Usaha Kecil atau Koperasi maka dapat diperuntukan bagi penyedia Non Usaha Mikro, Usaha Kecil atau Koperasi.

  1. Non-UMK

Jenis kualifikasi ini merupakan penyedia barang dan jasa dari skala usaha menengah dan besar. Nilai total pagu kompetisi dengan nilai di atas Rp 15.000.000.000,00 (lima belas miliar rupiah) diperuntukan bagi Non Usaha Mikro, Non Usaha Kecil atau Non Koperasi.

  1.  Detail Produk

Langkah selanjutnya PPK/PP memilih kategori produk yang dapat mengikuti kompetisi ini.. Detail produk yang dipilih oleh PPK/PP untuk dilakukan Mini-Kompetisi terdiri dari:

  1. Pemilihan kategori Produk secara berurutan dari kategori produk level I hingga level III.
  2. Pengisian atribut/detail informasi produk sesuai dengan kolom informasi tersedia pada kategori produk level III yang dipilih.
  3. Mengisi nilai harga pagu per produk kategori level III serta volume/kuantitas produk yang akan dilakukan Mini-Kompetisi.

                         

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Dalam pengisian Kategori harap dipastikan bahwa kategori yang diisi telah benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Setelah proses pemilihan kategori sudah sesuai dengan kebutuhan kompetisi yang diinginkan, PPK/PP dapat memilih opsi “selanjutnya"

                        

 

Selanjutkan PPK/PP akan masuk ke halaman tambah detail produk, dimana PPK/PP dapat menambah detail spesifikasi produk yang dapat mengikuti kompetisi. 

 

                           

Untuk detail spesifikasi yang diisi pada halaman ini sifatnya “tidak wajib”, menyesuaikan kebutuhan kompetisi yang akan dibuat. Namun pada tahap ini PPK/PP harus melakukan pengisian harga pagu per produk, jumlah kebutuhan, dan satuannya, untuk dapat menyimpan detail produk yang akan dikompetisikan.

  1.  Jenis Penawaran

Langkah selanjutnya dalam proses pembuatan mini - kompetisi ini, PPK/PP memilih jenis penawaran yang diperbolehkan dalam kompetisi yang dibuat. ada dua jenis penawaran yang dapat dipilih oleh PPK/PP, yaitu:

  1. Wajib Menawar Seluruhnya (non-itemized)

Penyedia harus mengajukan penawaran yang mencakup seluruh lingkup item yang tercantum dalam kompetisi.

  1. Bisa Menawar Satuan (itemized)

Penyedia dapat mengajukan penawaran yang tidak mencakup seluruh lingkup item yang tercantum dalam kompetisi.

Bisa menawar satuan ini hanya dapat dipilih jika pada saat proses sebelumnya “menambah detail produk” PPK/PP lebih dari satu.

                          

  1.  Lokasi

Langkah selanjutnya PPK/PP memilih tempat di mana lokasi pengiriman. Untuk menentukan lokasi pengiriman, PPK/PP dapat menekan opsi “tambah lokasi”.

                                    

Selanjutnya akan masuk ke halaman pilih alamat pengiriman. Apabila alamat pengiriman sudah pernah didaftarkan sebelumnya, maka PPK/PP dapat memilih sesuai dengan daftar alamat pada halaman tersebut.

 

 

                                                 

Namun apabila dalam daftar alamat, belum ada alamat yang sesuai dengan kompetisi yang akan dibuat, maka PPK/PP dapat menambahkan alamat baru dengan memilih opsi “tambah alamat baru”.

 

  1.  Penyelesaian Pekerjaan

Selanjutnya PPK/PP menetapkan batas akhir penyelesaian pekerjaan yang merupakan tenggat waktu Penyedia Katalog Elektronik yang terpilih untuk melakukan penyelesaian pekerjaan.

                                      

  1. Pilih Pejabat Pembuat Komitmen 

Selanjutnya apabila kompetisi dibuat oleh Pejabat Pengadaan (PP) diwajibkan untuk memilih PPK yang akan melakukan proses reviu hasil Mini-Kompetisi, pembuatan surat pesanan, penetapan berita acara serah terima, pembayaran, pemberian penilaian kinerja penyedia, serta prosedur lainnya dalam pasca tahapan Mini-Kompetisi sesuai ketentuan berlaku.

                                               

Namun apabila kompetisi dibuat oleh PPK, maka tidak ada proses pemilihan PPK.

Selanjutnya PPK/PP melakukan penyelesaian Pembuatan Paket Mini-Kompetisi dengan melakukan pengumuman kompetisi kepada seluruh Penyedia Katalog Elektronik dengan memilih opsi ‘Simpan & tayangkan”.

                               

Namun apabila PPK/PP belum akan menayangkan kompetisi, maka dapat memilih opsi “simpan sebagai draf”. Dengan memilih opsi ini kompetisi yang dibuat dapat dilihat kembali untuk diubah ataupun dilanjutkan untuk tayang.

 

 Konstruksi

Pembuatan mini-kompetisi konstruksi ini, khusus pada pengadaan di tipe konstruksi. PPK/PP akan melanjutkan proses pembuatan mini-kompetisi dengan memilih jenis kompetisi Konstruksi. Selanjutnya PPK/PP menekan opsi “Buat Kompetisi”, dan akan langsung diarahkan ke halaman pembuatan kompetisi konstruksi.

 

                                      

Setelah PPK/PP masuk ke halaman kompetisi konstruksi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Pilih Rencana Umum Pengadaan (RUP)

PPK/PP memilih Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang akan digunakan dalam pembuatan kompetisi konstruksi yang akan dibuat, dengan menekan opsi “pilih RUP"

                                       

 

Selanjutnya PPK/PP akan diarahkan ke halaman pilih RUP. Pada halaman ini, terdapat daftar RUP yang dapat digunakan dalam pembuatan kompetisi. PPK/PP dapat melakukan pencarian RUP berdasarkan ID RUP, Jenis Pengadaan, Nama Instansi, Satker. Setelah menemukan RUP yang akan digunakan, tekan opsi "pilih RUP".

 

                                     

 

  1. Judul Kompetisi

Langkah berikutnya dalam proses pembuatan mini kompetisi ini adalah membuat judul dari kompetisi tersebut. Tujuan dari pembuatan judul ini untuk memberikan arah yang lebih jelas dan spesifik tentang pengadaan yang dikompetisikan.

                                    

 

  1. Penyelesaian Pekerjaan

Selanjutnya PPK/PP menetapkan batas akhir penyelesaian pekerjaan yang merupakan tenggat waktu Penyedia Katalog Elektronik yang terpilih untuk melakukan penyelesaian pekerjaan.

                          

 

  1. Jadwal Kompetisi

Langkah selanjutnya, PPK/PP menentukan jadwal kompetisi dilakukan. Ada beberapa elemen yang harus diisi secara detail dalam proses pembuatan kompetisi ini. yaitu:

  1. Tanggal Penawaran

PPK/PP  menentukan kapan penawaran dimulai dan kapan penawaran itu berakhir. Perlu juga diperhatikan untuk mengatur tanggal penawaran minimal 3 X 24 jam.

  1. Jam

Diikuti juga jam dimulai dan jam berakhirnya penawaran tersebut

                         

  1. Kualifikasi Penyedia

Langkah selanjutnya PPK/PP akan diminta untuk menentukan penyedia yang bisa mengikuti kompetisi ini. 

                       

 

Ada dua jenis kualifikasi penyedia pada katalog elektronik versi 6 saat ini. yaitu:

  1. UMK - Kecil

Jenis kualifikasi ini Nilai pagu paket pengadaan dengan nilai sampai dengan Rp 15.000.000.000,00 (lima belas miliar rupiah) diperuntukan bagi penyedia Katalog Elektronik dengan kualifikasi usaha kecil.

  1. Non-UMK
  • Menengah

Jenis kualifikasi ini Nilai pagu paket pengadaan dengan nilai di atas Rp 15.000.000.000,00 (lima belas miliar rupiah) sampai dengan Rp 50.000.000.000,00 (lima puluh miliar rupiah) diperuntukan bagi penyedia dengan kualifikasi usaha menengah. Apabila paket pengadaan tersebut menuntut kemampuan teknis yang tidak dapat dipenuhi oleh penyedia dengan kualifikasi usaha menengah maka dapat diperuntukan bagi penyedia dengan kualifikasi usaha besar.

  • Besar

Nilai pagu paket pengadaan dengan nilai di atas Rp 50.000.000.000,00 (lima puluh miliar rupiah) diperuntukan bagi usaha besar.

 

 

  1. Upload Dokumen

Pada tahap ini, PPK/PP yang membuat kompetisi perlu mengunggah beberapa dokumen teknis yang berhubungan dengan kompetisi konstruksi yang dibuat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunggah dokumen Detail Engineering Design. PPK/PP menekan opsi “unggah dokumen”. Format file yang diunggah adalah .PDF dengan ukuran maksimal 2MB.

 

                            

 

Selanjutnya mengunggah dokumen Rancangan Anggaran Biaya. Format file yang diunggah adalah .PDF dengan ukuran maksimal 2 MB.

                          

 

Selanjutnya PPK/PP dapat mengunggah dokumen pendukung lainnya apabila diperlukan untuk pembuatan kompetisi. Format file yang diunggah adalah .PDF dengan ukuran maksimal 2 MB.

                         

 

  1. Pilih Pejabat Pembuat Komitmen

Selanjutnya apabila kompetisi dibuat oleh Pejabat Pengadaan (PP) diwajibkan untuk memilih PPK yang akan melakukan proses reviu hasil Mini-Kompetisi, pembuatan surat pesanan, penetapan berita acara serah terima, pembayaran, pemberian penilaian kinerja penyedia, serta prosedur lainnya dalam pasca tahapan Mini-Kompetisi sesuai ketentuan berlaku.

                        

 

Namun apabila kompetisi dibuat oleh PPK, maka tidak ada proses pemilihan PPK.

Selanjutnya PPK/PP melakukan penyelesaian Pembuatan Paket Mini-Kompetisi dengan melakukan pengumuman kompetisi kepada seluruh Penyedia Katalog Elektronik dengan memilih opsi ‘Simpan & tayangkan”.

                        

Namun apabila PPK/PP belum akan menayangkan kompetisi, maka dapat memilih opsi “simpan sebagai draf”. Dengan memilih opsi ini kompetisi yang dibuat dapat dilihat kembali untuk diubah ataupun dilanjutkan untuk tayang.

 

Draf Kompetisi

Semua kompetisi yang telah dibuat oleh PPK/PP, namun dipilih untuk disimpan sebagai draf akan muncul pada halaman Draf Kompetisi. Draft kompetisi yang dapat disimpan adalah maksimal tiga per user.

 

                                 

 

Pada halaman Draf Kompetisi ini, PPK/PP dapat melanjutkan pembuatan kompetisi tanpa perlu mengulang lagi dari awal. Langkah yang perlu dilakukan untuk melanjutkan pembuatan kompetisi tersebut adalah: 

  1. Pada halaman Draf Kompetisi, pilih kompetisi yang akan dilanjutkan

                                

  1. Tekan opsi “Lanjutkan Pembuatan Kompetisi”

          Selanjutnya PPK/PP dapat langsung melanjutkan pembuatan kompetisi sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Manajemen Kompetisi

Manajemen Kompetisi ini ada pada menu “Kompetisi Saya”, dimana semua kompetisi yang sudah dibuat dan ditayangkan sebelumnya, akan muncul pada menu ini.

 

                               

 

Pada halaman kompetisi saya, PPK/PP dapat menyaring berdasarkan status, seperti: “berlangsung”, “selesai”, ”dibatalkan” untuk mempermudah pencarian. 

 

                            

 

Pada halaman daftar Kompetisi Saya, setiap kompetisi ditampilkan dengan detail yang berisi tentang:

  • Judul Kompetisi
  • Status dan tanggal penawaran
  • Jenis barang
  • Jumlah penawar
  • Jenis penawaran
  • Total pagu kompetisi

                                       

 

 

Melihat Detail Kompetisi

Untuk melihat detail perkompetisi yang telah dibuat, PPK/PP dapat menekan opsi “Lihat Detail” 

 

                                     

 

Pada halaman detail kompetisi dapat dilihat beberapa elemen penting dalam kompetisi yang sudah dibuat, seperti:

  1. Informasi Kompetisi
  2. Jadwal Kompetisi
  3. Alamat Pengiriman
  4. Detail Produk
  5. Rencana Umum Pengadaan yang digunakan
  6. Pejabat Pembuat Komitmen

                            

 

 

Edit Kompetisi

Menu edit kompetisi ini dapat digunakan oleh PPK/PP untuk mengubah atau memperbaharui informasi terkait kompetisi yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk melakukan proses edit kompetisi terdapat dua kondisi yang harus diperhatikan oleh PPK/PP, yaitu:

 

Edit Kompetisi Belum Ada Penawar

Kondisi belum ada penawar ini dapat dilihat pada halaman detail kompetisi.

                          

 

Berikut merupakan langkah - langkah yang dapat dilakukan PPK/PP untuk edit kompetisi:

  1. Untuk melakukan edit kompetisi, klik tombol ubah kompetisi pada sisi kanan halaman detail kompetisi. Selanjutnya PPK/PP akan diarahkan ke halaman ubah kompetisi

                     

 

  1. Selanjutnya PPK/PP dapat mengubah semua komponen yang ada dalam halaman “Ubah Kompetisi” sesuai dengan yang diinginkan. Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah jadwal kompetisi, setiap melakukan perubahan kompetisi wajib menambah periode berakhir minimal 1 hari. Selanjutnya klik tombol “simpan perubahan”.

                                         

  1. Selanjutnya PPK/PP memberikan alasan melakukan perubahan kompetisi, lalu klik “simpan perubahan”.

                                        

 

 Edit Kompetisi Sudah Ada Penawar

Kondisi belum ada penawar ini dapat dilihat pada halaman detail kompetisi.

                                       

 

Berikut merupakan langkah - langkah yang dapat dilakukan PPK/PP untuk edit kompetisi saat sudah ada penawar:

  1. Untuk melakukan edit kompetisi, klik tombol ubah kompetisi pada sisi kanan halaman detail kompetisi. Selanjutnya PPK/PP akan diarahkan ke halaman ubah kompetisi
  2. Selanjutnya PPK/PP hanya dapat mengubah komponen RUP, Periode Kompetisi (hanya dapat diperpanjang), estimasi tiba. 3 komponen tersebut ada dalam halaman “Ubah Kompetisi”. Selanjutnya klik tombol “simpan perubahan”.

Selanjutnya PPK/PP memberikan alasan melakukan perubahan kompetisi, lalu klik “simpan perubahan”.