Daftar Isi
1. Aktivasi Produk Hasil Migrasi
2. Sinkronisasi Migrasi Produk
1. Aktivasi Produk Hasil Migrasi
Akan ada proses pemindahan data produk dari katalog elektronik versi 5 ke katalog elektronik versi 6. Maka dari itu, ketika memulai katalog elektronik versi 6, kemungkinan beberapa produk yang dimiliki penyedia tidak tayang, dikarenakan beberapa informasi wajib atas produk yang belum terisi. Penyedia dapat menemukan daftar produk yang harus dilengkapi pada halaman beranda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Gambar Aktivasi Produk Hasil Migrasi
Pada informasi tersebut, Penyedia dapat menekan tombol “Lihat Produk” dan setelah itu, Penyedia akan langsung diarahkan pada daftar produk yang tidak aktif pada halaman Daftar produk.
Untuk melakukan update data Produk hasil migrasi data, pada halaman Daftar Produk, klik tombol “Atur” pada bagian paling kanan pada tiap-tiap produk. Lalu setelah itu, pilih tombol “Ubah” dan Penyedia akan diarahkan pada halaman detail produk.
Gambar Pengaturan Produk Hasil Migrasi
Pada halaman Detail Produk, Penyedia dapat melengkapi data-data produk yang masih kosong agar produk tersebut dapat diaktifkan dan dapat tayang.
Gambar Melakukan Pengecekan Kelengkapan Informasi Produk
Setelah seluruh data mandatory produk telah terisi, ubah status produk dari “Tidak Aktif” menjadi “Aktif”, lalu klik tombol “Simpan”.
Gambar Mengaktifkan Status Produk
- Memasukkan Informasi Pengiriman
Setelah itu, Untuk jenis produk fisik Penyedia diwajibkan untuk mengisi informasi yang berkaitan dengan pengiriman barang dan mengaktifkan opsi kurir pengiriman. Hal yang perlu diperhatikan terkait informasi pengiriman adalah kolom spesifikasi berat tidak akan dimunculkan jika produk yang didaftarkan adalah produk jasa dan digital.
Berikut merupakan tata cara untuk memasukkan informasi spesifikasi berat:
- Masukkan informasi terkait Berat Produk
- Masukkan informasi terkait Ukuran Produk
- Pilih Opsi Pengiriman. Terdapat 2 Opsi pengiriman, yaitu Standar dan Custom.
- Pengiriman Standar berarti produk akan dikirim dengan kurir logistik yang telah ditetapkan pada pengaturan pengiriman.
- Pengiriman Custom berarti Penyedia masih bisa menyesuaikan kembali opsi kurir logistik untuk pengiriman di luar dari pengaturan pengiriman yang telah diatur sebelumnya.
- Terdapat beberapa yang perlu diperhatikan oleh Penyedia mengenai opsi pengiriman untuk produk fisik:
- Penyedia tidak dapat melanjutkan proses menambahkan produk pada halaman “Edit Produk” jika opsi kurir pengiriman tidak diaktifkan.
- Penyedia dapat mengaktifkan minimal satu opsi pengiriman.
- Jika opsi pengiriman pada produk penyedia tidak aktif, produk belum bisa dibeli. Penyedia akan mendapatkan pesan pengingat terkait informasi pengiriman yang wajib dilengkapi pada halaman dashboard dan daftar produk.
- Penyedia dapat menekan link yang tertera pada informasi yang muncul untuk melengkapi opsi pengiriman.

Gambar Memasukkan Informasi Opsi Pengiriman
2. Sinkronisasi Migrasi Produk
Proses migrasi produk dari Katalog Elektronik versi 5 (eKatalog v5) ke Katalog Elektronik versi 6 (eKatalog v6) berlangsung secara bertahap. Jika sebelumnya penyedia sudah dapat melakukan aktivasi produk hasil migrasi, namun masih terdapat produk yang belum pindah ke Katalog Elektronik versi 6. Hal ini dapat terjadi dikarenakan produk didaftarkan setelah bulan Februari 2024 oleh Penyedia di E-Katalog versi 5. Untuk itu, Penyedia masih dapat melakukan proses pemindahan produk ke Katalog Elektronik versi 6. Berikut langkah-langkah sinkronisasi migrasi produk :
- Silakan pilih opsi “Migrasi Produk eKatalog v5” yang ada di kanan atas halaman daftar produk berulang
- Halaman akan segera memuat daftar produk Penyedia di eKatalog v5 yang memuat informasi nama, spesifikasi produk, dan lihat produk. Produk yang di migrasi dari v5 ke v6 merupakan produk aktif dan sudah tidak ada redundansi antar etalase. Penyedia bisa memilih produk yang ingin dipindahkan ke eKatalog v6.
- Setelah memilih produk yang ingin dipindah, klik tombol “Migrasi”. Sebelum proses migrasi produk berjalan, akan muncul pop-up konfirmasi migrasi produk. Penyedia dapat mengetahui jumlah migrasi produk yang telah dipilih. Saat ingin melakukan migrasi produk, Penyedia tidak dapat melakukan migrasi secara bersamaan dan menggunakan fitur “atur produk sekaligus”.
- Jika data sudah benar, klik “Migrasi Sekarang” atau “Batal” jika ingin membatalkan proses migrasi produk.
- Setelah itu, Penyedia akan melihat pop-up notifikasi informasi “Proses Migrasi Sedang Berlangsung” yang muncul pada bagian atas halaman. Terdapat opsi “Lihat Riwayat” untuk penyedia melihat daftar riwayat migrasi produk dan atur produk sekaligus yang telah dilakukan.
- Apabila migrasi produk belum berhasil, Penyedia akan melihat pop-up informasi “Terjadi Kesalahan Sistem”. Silakan tunggu beberapa saat atau lakukan ulang proses migrasi yang belum berhasil.
- Pada halaman daftar riwayat, Penyedia akan melihat informasi mengenai waktu, nama file, user, tipe proses, dan status file tersebut.
- Penyedia perlu mengetahui bahwa produk yang telah dipindah ke eKatalog v6 tidak akan langsung dalam status produk “Tayang”. Hal ini dikarenakan data produk yang ada masih belum lengkap. Silahkan lengkapi data produk yang telah dipindah tersebut.
- Proses migrasi produk membutuhkan waktu yang menyesuaikan dengan jumlah produk yang ingin dipindahkan. Penyedia dapat menunggu hasil dari proses migrasi produk.
- Jika proses migrasi berhasil, Penyedia akan menerima email pemberitahuan yang berisi informasi mengenai hasil dari proses migrasi. Dalam email tersebut, Penyedia dapat mengetahui informasi mengenai jumlah produk yang berhasil dimigrasi dan jumlah produk yang gagal dimigrasi. Ada dua opsi yang dapat dipilih Penyedia yang ada dalam email tersebut. Untuk melihat riwayat atur produk sekaligus, klik tombol “Riwayat Atur Sekaligus”. Sedangkan untuk melihat hasil dari daftar produk yang berhasil dimigrasi, klik tombol “Lihat Daftar Produk”.
- Penyedia perlu mengetahui bahwa produk yang dapat dimigrasi adalah hanya produk dengan status “Tayang” pada eKatalog v5. Kemudian, jika kategori produk di eKatalog v6 belum aktif, maka produk belum bisa tayang.