Halaman Detil Produk Halaman Detil Produk

Halaman Detil Produk

Daftar Isi 

1. Halaman Detil Produk 

2. Halaman Detil Produk Jasa Tenaga Kerja 


1. Halaman Detil Produk

Di Dalam halaman detail produk terdapat komponen penjelas dari produk yang dijual, yaitu:

  1. “Daftar Jasa Pengiriman Produk”

Daftar jasa pengiriman produk berisikan informasi yang terdiri atas jenis jasa pengiriman, estimasi lama pengiriman, serta estimasi biaya pengiriman yang dapat dipilih oleh PPK/PP

  1. “Profil Penyedia”

Profil Penyedia secara otomatis akan tampil sebagai Penyedia Barang/Jasa. PPK/PP dapat mengetahui informasi mengenai Penyedia Barang dan Jasa dari produk yang ditelusuri atau dipilih dan daftar produk yang ditawarkan oleh Penyedia. 

  1. “Informasi Produk Dalam Negeri”

informasi Produk Dalam Negeri menjelaskan terkait dengan jenis produk, nilai TKDN + BMP, serta pelaku

penerbitan sertifikat dari produk yang ditawarkan oleh Penyedia.

  • “Spesifikasi Produk”         

Spesifikasi Produk menjelaskan terkait dengan informasi serta kriteria secara rinci dari produk yang

ditawarkan oleh Penyedia.

 

  • “Informasi Pendukung”     

Informasi Pendukung pada detail produk menjelaskan terkait dokumen pendukung atau tambahan dari

produk yang ditawarkan oleh Pihak Penyedia. 

  1. “ Tanya Produk “
  • PPK/PP dapat memilih opsi chat untuk dapat melakukan komunikasi secara mandiri dengan Penyedia. 

5. “Struktur Dasar Pembentukan Harga” 

 

PPK/PP dapat melihat informasi penentuan harga satuan produk yang ditetapkan oleh Penyedia.

Informasi tentang hal ini dapat berbentuk dokumen yang tampil pada info pendukung. Misalnya seperti

Struktur Harga Pakaian Dinas Perhubungan.

 

6. “Informasi Pajak”

 

PPK/PP dapat melihat ada deskripsi pajak (PPN dan PPnBM) pada harga satuan produk yang kena pajak.

Besaran nominal nilai pajak yang dikenakan per-satuan produk dapat diketahui saat mengarahkan kursor

ke arah harga produk. Produk yang kena PPN dan PPnBM akan menampilkan deskripsi seperti “Termasuk

PPN 11% & PPnBM 20%”. Informasi yang muncul saat PPK/PP mengarahkan kursor ke harga produk yang

kena pajak adalah harga DPP, jumlah nominal PPN, dan jumlah nominal PPnBM (jika ada). 

Selain pajak pada harga produk, PPK/PP dapat melihat informasi mengenai harga layanan tambahan yang

kena pajak atau tidak kena pajak. 

 

Gambar Informasi nominal DPP dan PPN pada Harga Tayang Produk Kena Pajak

 

Gambar Halaman Produk Tidak Kena Pajak Harga Produk dan Layanan Tambahan 

 

2. Halaman Detil Produk Jasa Tenaga Kerja 

    Jasa tenaga kerja termasuk kedalam kategori produk yang dapat dibeli oleh PPK/PP.  Selanjutnya, PPK/PP wajib memilih kesesuaian varian yang tertera pada produk. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan PPK/PP terkait produk jasa tenaga kerja 

   A. Halaman Detil Produk Tipe Jasa Tenaga Kerja 

Gambar Halaman Detil Produk Jasa Tenaga Kerja 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan PPK/PP tekait produk jasa tenaga kerja, yaitu : 

  1. Harga tayang yang tertera pada produk merupakan komponen biaya yang akan diterima oleh penyedia. Apabila penyedia yang menawarkan jasa tenaga kerja adalah penyedia yang akan melakukan pekerjaan jasa, maka harga tayang yang muncul merupakan biaya yang akan diterima oleh penyedia. Namun, apabila Penyedia merupakan pihak pengelola yang menawarkan jasa tenaga kerja, maka Penyedia dapat memilih opsi untuk menambahkan biaya tambahan sebagai biaya yang diterima oleh penyedia.  PPK/PP perlu memperhatikan adanya komponen biaya yang ditawarkan oleh Penyedia. Adapun penyedia memiliki dua komponen biaya yang ditawarkan pada produk jasa tenaga kerja. Komponen biaya pertama yaitu biaya yang diterima oleh tenaga kerja sesuai dengan harga tayang produk. Lalu, untuk komponen biaya kedua yaitu komponen biaya yang diterima penyedia yang menawarkan jasa tenaga kerja contohnya seperti adanya opsi “Managemen Fee” di bagian Pilih Layanan Tambahan.  
  2. Produk jasa tenaga kerja memiliki varian yang wajib dipilih oleh PPK/PP. Silakan pilih varian yang tertera pada produk. Contoh varian produk yang dapat dipilih oleh PPK/PP adalah periode waktu kerja. Untuk mengatur jumlah pesanan pada kolom atur jumlah, PPK/PP perlu memperhatikan yang didefinisikan oleh Penyedia pada kolom atur “Jumlah”. Silakan masukkan jumlah pesanan yang ingin dibeli di kolom atur jumlah. 

Gambar Opsi Varian dan Kolom Atur Jumlah 

  1. Apabila terdapat atribut wajib pada opsi “Layanan Tambahan”, PPK/PP wajib untuk memilih layanan tambahan yang tersedia. Atribut wajib menandakan bahwa produk memiliki biaya tambahan yang harus dipilih bersamaan dengan produk utama. Layanan tambahan dapat berupa apapun didefinisikan oleh penyedia. Salah satu contoh dari layanan tambahan adalah opsi “management fee” yang ditawarkan oleh penyedia. Lalu, harga tayang pada produk tidak dikenakan pajak dan layanan tambahan dikenakan pajak. 

Gambar Contoh Biaya Tambahan pada Produk Jasa Tenaga Kerja 

  1. Selanjutnya, PPK/PP perlu memastikan kesesuaian varian dengan layanan tambahan yang ingin dibeli. Salah satu contoh pemilihan varian dan layanan tambahan dapat dilihat pada gambar dibawah ini 


Gambar Pilihan Opsi Layanan Tambahan

Jika PPK/PP memilih Periode Kerja 3 Bulan, maka layanan tambahan yang dipilih adalah Management Fee untuk 3 Bulan. 

  1. Ketentuan mengenai pajak pada produk jasa tenaga kerja dapat dilihat berdasarkan dari label informasi pajak yang tercantum. Jika Produk utama kena pajak, maka PPK/PP dapat melihat label besaran pajak yang dikenakan pada produk. Jika produk utama tidak kena pajak, maka label yang tertera adalah “Tidak Kena Pajak”.  
  2. Lalu, Pajak pada layanan tambahan mengikuti dari ketentuan pajak yang berlaku dari Penyedia. Apabila terdapat pajak pada layanan tambahan, maka PPK/PP dapat melihat label pajak yang tertera pada opsi layanan tambahan tersebut.
  3. Setelah data yang dipilih sudah sesuai maka PPK/PP dapat lanjut ke proses selanjutnya. Silakan pilih opsi “Tambah Keranjang” atau “Beli Langsung”. PPK/PP akan diminta untuk melakukan konfirmasi kesesuaian layanan tambahan apabila terdapat layanan tambahan yang wajib untuk dipilih. Silakan konfirmasi kesesuaian layanan tambahan pada pop-up yang muncul, lalu pilih “Ya, Sudah Sesuai”.


Gambar Pop-up Konfirmasi Kesesuaian Layanan Tambahan

  1. Apabila PPK/PP tidak memilih opsi layanan tambahan yang tertera label “wajib”, maka akan muncul error message setelah PPK/PP memilih opsi  “+Tambah Keranjang” atau “Beli” atau “ Pre-order”.  

Gambar error message Pada Opsi Layanan Tambahan

   10. Setelah data sudah sesuai, PPK/PP dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya