Pengiriman dapat diproses setelah Penyedia menyelesaikan proses tanda tangan Surat Pesanan. Berikut merupakan langkah-langkah untuk memproses pengiriman jika Pembeli memilig metode pengiriman melalui 3PL:
- Setelah Penyedia mengklik tombol “Lanjutkan Pengiriman” pada halaman Detail Pesanan, maka akan terdapat pop up box untuk mengajukan penjemputan kepada kurir 3PL.
- Klik pilihan “Ajukan Penjemputan Sekarang”, lalu klik tombol “Ajukan Penjemputan”.
- Lalu secara otomatis kurir 3PL akan mendapatkan notifikasi untuk penjemputan paket dan Penyedia dapat mencetak label pengiriman dengan mengklik tombol “Cetak Label” pada bagian Informasi Pengiriman dan mempersiapkan untuk mengemas pesanan. Pada saat proses pengemasan pesanan, Penyedia dianjurkan untuk melakukan rekam video proses pengemasan untuk keperluan klaim asuransi. Jika kurir telah mengkonfirmasi untuk menjemput paket, maka status pengiriman akan berubah dari “Sedang Dikemas” menjadi “Menunggu Penjemputan oleh Kurir”.
- Setelah itu, jika pesanan telah dijemput oleh Kurir dan sedang dalam proses pengiriman, status pengiriman pada bagian Informasi Pengiriman akan berubah menjadi “Sedang Dikirim”.
- Selama proses pengiriman berlangsung, Penyedia dapat melacak pengiriman dengan cara mengklik tombol “Lacak Pengiriman” yang terdapat pada halaman daftar pesanan atau bagian Informasi Pengiriman pada halaman Detail Pesanan, setelah itu akan dimunculkan halaman pop up Lacak Pengiriman.
- Jika pesanan telah tiba, maka status pengiriman akan berubah menjadi “Telah Tiba” dan Penyedia dapat melihat riwayat pengiriman dengan cara mengklik tombol “Riwayat Pengiriman” pada bagian Informasi Pengiriman yang ada pada halaman Detail Pesanan, lalu akan dimunculkan halaman pop up Riwayat Pesanan. Seller dapat melihat bukti pengiriman jika kurir 3PL mengambil foto pada saat pengiriman.