DAFTAR ISI
1. Memproses Pengiriman Langsung ke Satu Lokasi - Kurir Penyedia
2. Memproses Pengiriman Langsung ke Banyak Lokasi - Kurir Penyedia
Memproses Pengiriman
Pemrosesan dan pengiriman pesanan dapat dilakukan setelah Penyedia menyelesaikan tanda tangan Surat Pesanan pada Katalog Elektronik versi 6. Penyedia wajib memperbarui tiap tahap pengemasan dan pengiriman pesanan pada Katalog Elektronik versi 6.
Tahapan tersebut terdiri dari:
- Pesanan sedang dikemas
- Pesanan sedang dikirim
- Pesanan tiba.
1. Memproses Pengiriman Langsung ke Satu Lokasi - Kurir Penyedia
Tahapan yang perlu dilakukan untuk memproses pengiriman pesanan dengan jenis pengiriman langsung ke satu lokasi adalah sebagai berikut:
A. Pesanan Sedang Dikemas
Berikut merupakan langkah-langkah untuk memperbarui status pengiriman menjadi “Pesanan Sedang Dikemas” :
- Buka halaman “Detail Pesanan”. Klik “Perbarui Status Pengiriman” untuk melanjutkan.
- Selanjutnya, akan diperlihatkan pop up “Pilih Pengiriman” yang berisikan informasi tanggal permintaan tiba, alamat pengiriman, dan jumlah masing-masing produk. Jika semua informasi sudah benar, klik “Selanjutnya”.
- Kemudian, akan muncul pop up konfirmasi perubahan status pengiriman. Klik checkbox “Ubah Status menjadi Sedang Dikemas”, lalu klik “Konfirmasi”.
- Setelah berhasil, status pengiriman akan berubah menjadi “Sedang Dikemas”.
B. Pesanan Sedang Dikirim
Berikut merupakan langkah-langkah untuk memperbarui status “Pesanan Sedang Dikemas” menjadi “Pesanan Sedang Dikirim” :
-
- Buka halaman detail pesanan, klik “Perbarui Status Pengiriman”.
- Kemudian, akan muncul pop up “Pilih Pengiriman”. Untuk melanjutkan, klik “Selanjutnya”.
- Selanjutnya akan muncul pop up “Tambah Informasi Kurir Penyedia”. Masukkan informasi Nomor Resi, Nomor Kendaraan (tidak wajib), dan Nama Kurir (tidak wajib). Setelah seluruh informasi telah terisi, klik “Kirim Pesanan” untuk melanjutkan proses pengiriman.
- Setelah berhasil, status pesanan dan status pengiriman akan berubah menjadi “Dalam Pengiriman”
C. Pesanan Tiba
Setelah pesanan tiba pada lokasi yang dituju, penyedia wajib memperbarui status pengiriman. Berikut merupakan langkah-langkah untuk memperbarui status “Pesanan Tiba” :
-
- Buka halaman detail pesanan, klik “Perbarui Status Pengiriman”.
- Selanjutnya akan muncul pop up “Perbarui Informasi Pengiriman” untuk memperbarui data pengiriman. Informasi pengiriman yang wajib diisi oleh Penyedia adalah:
- Tanggal Diterima, informasi ini akan secara otomatis terisi pada saat Penyedia klik “Perbarui Pengiriman” dan tidak dapat diubah;
- Jam Diterima, informasi ini akan secara otomatis terisi pada saat Penyedia klik “Perbarui Pengiriman”, namun informasi ini masih dapat dilakukan perubahan (waktu yang dapat dipilih adalah waktu antara pesanan dikirim sampai dengan waktu sekarang);
- Foto Bukti Penerimaan (tidak wajib).
Jika seluruh informasi telah diisi, klik “Selesaikan Pengiriman” untuk memperbarui status pengiriman.
- Setelah berhasil, status pesanan berubah menjadi “Pesanan Tiba” dan status pengiriman menjadi “Telah Tiba”.
2. Memproses Pengiriman Langsung ke Banyak Lokasi - Kurir Penyedia
Tahapan yang perlu dilakukan untuk memproses pengiriman pesanan dengan jenis pengiriman langsung ke banyak lokasi adalah sebagai berikut:
A. Pesanan Sedang Dikemas
Berikut merupakan langkah-langkah untuk memperbarui status pengiriman menjadi “Pesanan Sedang Dikemas” :
- Buka halaman “Detail Pesanan”. Klik “Perbarui Status Pengiriman” untuk melanjutkan.
- Selanjutnya, akan muncul pop up “Pilih Tahap Pengiriman”. Pilih tahap pengiriman yang statusnya ingin diubah menjadi “Pesanan Sedang Dikemas”. Pastikan bahwa tahap pengiriman yang dipilih memiliki status “Belum Dikirim”.
- Setelah memilih, akan diperlihatkan informasi tanggal permintaan tiba, alamat pengiriman, dan jumlah masing-masing produk. Jika semua informasi sudah benar, klik “Selanjutnya”.
- Kemudian, akan muncul pop up konfirmasi perbarui status pengiriman menjadi “Sedang Dikemas”. Klik checkbox “Ubah Status menjadi Sedang Dikemas”, lalu klik “Konfirmasi”.
- Setelah berhasil, status pesanan berubah menjadi “Persiapan Pengiriman” dan status pengiriman menjadi “Sedang Dikemas”.
B. Pesanan Sedang Dikirim
Berikut merupakan langkah-langkah untuk memperbarui status “Pesanan Sedang Dikemas” menjadi “Pesanan Sedang Dikirim” :
- Buka halaman “Detail Pesanan”. Klik “Perbarui Status Pengiriman” untuk melanjutkan.
- Selanjutnya, akan muncul pop up “Pilih Tahap Pengiriman”. Pilih tahap pengiriman yang statusnya akan diubah menjadi “Sedang Dikirim”. Pastikan bahwa tahap pengiriman yang dipilih memiliki status “Sedang Dikemas”. Status tidak dapat diubah menjadi sedang dikirim apabila pesanan tersebut belum memiliki status sedang dikemas. Setelah memilih, klik “Selanjutnya”.
- Masukkan nomor resi, nama kurir (tidak wajib), nomor kendaraan (tidak wajib) pada pop up “Tambah Info Kurir Penyedia” yang muncul. Jika sudah diisikan dengan benar, klik “Kirim Pesanan”
- Setelah berhasil, status pesanan akan berubah menjadi “Dikirim Sebagian” dan status pengiriman menjadi “Dalam Pengiriman”
C. Pesanan Tiba
Saat pesanan tiba pada lokasi yang dituju, Penyedia wajib memperbarui status pengiriman. Berikut merupakan langkah-langkah untuk memperbarui status “Pesanan Telah Tiba” :
- Buka halaman “Detail Pesanan”. Klik “Perbarui Status Pengiriman” untuk melanjutkan.
- Selanjutnya, akan muncul pop up “Pilih Pengiriman”. Pilih pengiriman yang statusnya akan diubah menjadi “Pesanan Telah Tiba”. Pastikan bahwa tahap pengiriman yang dipilih memiliki status “Dalam Pengiriman”. Setelah memilih, klik “Selanjutnya”.
- Selanjutnya, akan diperlihatkan pop up “Perbarui Informasi Pengiriman”.
Perbarui informasi:
- Tanggal Diterima, informasi ini akan secara otomatis terisi pada saat Penyedia klik “Perbarui Pengiriman” dan tidak dapat diubah;
- Jam Diterima, informasi ini akan secara otomatis terisi pada saat Penyedia klik “Perbarui Pengiriman”, namun informasi ini masih dapat dilakukan perubahan (waktu yang dapat dipilih adalah waktu antara pesanan dikirim sampai dengan waktu sekarang);
- Foto Bukti Penerimaan (tidak wajib).
Jika seluruh informasi telah diisi, klik “Konfirmasi” untuk memperbarui status pengiriman.
- Setelah berhasil, status pesanan akan berubah menjadi “Tiba Sebagian” dan status pengiriman menjadi “Telah Tiba”.
- Setelah pengiriman tiba, pembeli dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu konfirmasi penerimaan pesanan.