Setelah proses pengiriman telah selesai dan pesanan telah tiba, Pembeli akan memproses BAST sebagai bukti bahwa pesanan telah diterima oleh Pembeli dan telah sesuai. Penyedia akan menandatangani BAST yang telah dikonfirmasi oleh Pembeli. Proses penandatanganan BAST akan dilakukan melalui PrivyID. Berikut langkah-langkah untuk melakukan tanda tangan BAST:
- Ketika BAST telah dikonfirmasi oleh Pembeli, maka sub status pesanan akan terupdate menjadi “Menunggu Konfirmasi BAST oleh Penyedia”.
- Pada halaman Detail Pesanan, klik tombol “Konfirmasi BAST” untuk memproses konfirmasi BAST.
- Lalu sistem akan memunculkan box untuk mengkonfirmasi akun PrivyID yang akan digunakan untuk proses penandatanganan BAST. Klik tombol “Lanjut ke PrivyID” untuk melanjutkan proses tanda tanngan BAST.
- Sebelum Penyedia melanjutkan proses tanda tangan pada PrivyID, Penyedia diharuskan untuk melakukan autentikasi akun PrivyID melalui proses OTP yang akan dikirimkan lewat email. Klik tombol “Dapatkan Kode”, lalu kode OTP akan secara otomatis dikirimkan melalui email.
- Setelah itu, masukkan kode OTP yang telah diterima melalui email pada halaman PrivyID dan klik tombol “Verifikasi Kode”. Jika OTP telah berhasil dimasukkan, maka Penyedia akan langsung diarahkan pada halaman tanda tangan BAST pada PrivyID.
- Setelah itu, Penyedia akan diarahkan pada tab baru untuk melakukan BAST klik tombol “Tanda Tangan”.
- Lalu akan ada pop up box untuk mengkonfirmasi proses penandatanganan BAST. Klik tombol “Ya, Lanjutkan” untuk melanjutkan proses penandatanganan BAST.
- Selanjutnya, Penyedia dapat menunggu beberapa saat untuk proses pembubuhan tanda tangan oleh PrivyID.
- Dalam proses pembubuhan tanda tangan BAST, Penyedia dapat secara berkala melakukan pengecekan terhadap proses pembubuhan tanda tangan dengan cara me-refresh halaman website.
- Jika proses pembubuhan tanda tangan telah sukses, maka akan muncul pesan yang mengindikasikan bahwa proses pembubuhan tanda tangan telah sukses dan status pesanan akan berubah menjadi “Berlangsung” dan sub status akan berubah menjadi “Menunggu Pembeli Memilih Metode Pembayaran”.
- Jika proses pembubuhan tanda tangan terhenti di tengah-tengah proses, Penyedia dapat mengulang proses penandatanganan dengan cara mengklik ulang tombol “Cek Proses eSign” dan Penyedia akan diarahkan untuk melakukan OTP ulang dan kembali ke halaman PrivyID pada tab baru untuk melakukan proses tanda tangan ulang.
- Jika proses pembubuhan tanda tangan BAST, maka akan terdapat pesan error yang menginformasikan bahwa terdapat error pada saat pembubuhan tanda tangan BAST. Penyedia dapat mengklik tombol “Konfirmasi BAST” untuk mengulangi proses penandatanganan BAST.