Panduan Melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil Panduan Melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil

Panduan Melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil

Ketika Pengguna telah berhasil melakukan Registrasi dan Verifikasi Identitas Digital pada Platform, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil. Registrasi dan Verifikasi Profil diperlukan untuk membuktikan kebenaran dan validitas dari data diri Pengguna.

Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil untuk Pengguna:

  1. Ketika berhasil melakukan Registrasi dan Verifikasi Identitas Digital pada Platform  Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung, Pengguna akan langsung diarahkan ke halaman Registrasi dan Verifikasi Profil. 
  2. Pada tahapan ini, Pengguna akan diminta untuk mengisikan beberapa informasi terkait data diri. Terdapat beberapa kolom informasi yang harus diisikan, seperti:
    a. Memilih Tipe Profil, pilih opsi sebagai “Penyedia”;
    b. Mengisikan data Nomor Induk Kependudukan (NIK);
    c. Nama Lengkap sesuai KTP; dan
    d. Tanggal Lahir.

Screenshot 2024-02-15 at 21.01.02.png

Jika seluruh informasi telah terisi, klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses registrasi profil.

  1. Setelah itu, Pengguna akan diminta untuk melanjutkan proses Registrasi dan Verifikasi Profil melalui Privy. Pengguna dapat mengklik tombol “Masuk ke Halaman Privy” untuk melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil.

  1. Setelah itu, Pengguna akan diarahkan untuk melakukan Registrasi dan Verifikasi Profil ke halaman Privy pada tab baru. Pertama-tama, Pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi kode OTP pada Privy. Klik tombol “Dapatkan Kode” untuk mendapatkan kode OTP verifikasi Privy yang akan dikirimkan melalui email.

 

  1. Masukkan kode OTP yang telah diterima oleh Pengguna, lalu klik tombol “Validasi Kode”.

  1. Pengguna akan diarahkan untuk mengkonfirmasi Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi. Pengguna akan diminta membaca Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi sampai selesai, lalu centang bagian “Saya Setuju dengan ketentuan di atas”, dan klik tombol “Lanjutkan”.

  1. Lalu Pengguna akan diarahkan ke halaman Registrasi dan Verifikasi Profil E-KYC (Privy). Terdapat 3 tahapan verifikasi E-KYC yang akan dilakukan melalui Privy, yaitu:
  • Verifikasi wajah dan swafoto;
  • Memindai foto KTP; dan
  • Mengunggah data pendukung.

  1. Pada tahap pertama, Pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah dan swafoto. Klik pilihan “Verifikasi Wajah & Swafoto”, lalu Pengguna akan diarahkan untuk melakukan verifikasi wajah dan swafoto pada Privy.

  1. Setelah itu, jika Pengguna akan diarahkan ke halaman pratinjau untuk melihat kembali hasil swafoto yang telah dilakukan. Jika hasil swafoto telah sesuai, klik tombol “Gunakan Foto Ini” untuk melanjutkan proses verifikasi. Namun, jika swafoto jika belum sesuai, Pengguna dapat klik tombol “Ulangi” untuk mengulangi proses swafoto.

  1. Selanjutnya Pengguna akan diminta untuk melakukan foto KTP. Klik pilihan “Pindai KTP”, dan Pengguna akan diarahkan ke halaman petunjuk pemindaian foto KTP. Klik tombol “Lanjutkan” untuk memulai pemindaian foto KTP.

  1. Selanjutnya pada proses pemindaian foto KTP, Pengguna akan diminta untuk mengarahkan KTP pada kotak yang tersedia. Jika letak KTP telah sesuai, klik tombol “Ambil Foto”. Selanjutnya, sistem akan memunculkan foto KTP yang dan secara otomatis memunculkan informasi terkait NIK, Nama Lengkap, dan Tanggal Lahir yang tertera pada KTP. Setelah itu, klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses Registrasi dan Verifikasi Profil.

  1. Tahap selanjutnya adalah Pengguna akan diarahkan ke halaman Kontak Personal yang akan memunculkan data terkait email dan nomor telepon yang sebelumnya telah Pengguna daftarkan pada Manajemen Akun Terpusat SPSE. Pada tahapan ini, Pengguna tidak dapat melakukan perubahan informasi terkait email dan nomor telepon. Jika Pengguna ingin melakukan perubahan terkait email dan nomor telepon, Pengguna dapat menghubungi Pusat Bantuan. Klik tombol “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.

  1. Setelah itu, Privy akan melakukan proses verifikasi terhadap data pengguna. Pengguna dapat melakukan pengecekan terhadap kelanjutan proses verifikasi secara berkala dengan melakukan refresh halaman Privy secara berkala, ataupun pengguna dapat kembali ke halaman Registrasi dan Verifikasi Profil Platform untuk melakukan refresh secara berkala.

  1. Jika akun telah berhasil terverifikasi dan berhasil terhubung pada platform Privy, maka Pengguna akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa akun Pengguna telah berhasil terverifikasi dan Pengguna akan diarahkan ke halaman Dashboard untuk melakukan proses Registrasi dan Verifikasi akses dengan mengklik tombol “Masuk ke Profil Dashboard” dan proses akan berlanjut ke tahapan nomor 15.

  1. Jika proses verifikasi gagal, maka akan muncul pesan error pada sistem. Pengguna akan diminta untuk mengulang proses registrasi Privy dan proses registrasi profil akan kembali ke tahapan nomor 4.

  1. Jika hasil verifikasi adalah hard reject dikarenakan ditemukan suatu indikasi penipuan/pemalsuan data atau dokumen KTP, maka Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dan Pengguna harus menunggu selama 1x24 jam untuk melakukan Verifikasi Ulang.

  1. Setelah proses Registrasi dan Verifikasi Profil telah berhasil, maka Pengguna akan diarahkan untuk melanjutkan proses Registrasi dan Verifikasi Akses pada bagian Panduan Melakukan Registrasi dan Verifikasi Akses.