Kebijakan Privasi Manajemen Akun Terpusat SPSE Kebijakan Privasi Manajemen Akun Terpusat SPSE

Kebijakan Privasi Manajemen Akun Terpusat SPSE

DAFTAR ISI

A. Pengumpulan Data Pribadi

B. Penggunaan Data Pribadi

C. Hak Pengguna

D. Pengungkapan Data Pribadi

E. Cookies

F. Keamanan dan Penyimpanan Data Pribadi

G. Perbaikan dan Pencabutan atau Penarikan Kembali Persetujuan

H. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna

I. Hubungi Layanan Pusat Bantuan

J. Pembaruan Kebijakan Privasi

 

 

KEBIJAKAN PRIVASI

Selamat datang di situs layanan Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan Sistem Pendukung terkait pengadaan barang/jasa pemerintah (“Platform”), yang dimiliki oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (“LKPP”) dan dikelola bersama dengan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, (secara bersama-sama disebut sebagai “Pengelola Platform”).

Setiap pengguna yang menggunakan layanan Platform, termasuk namun tidak terbatas pada setiap orang yang terlibat dalam proses Pengadaan Barang/Jasa baik sebagai Penyedia ataupun Non Penyedia (“Pengguna”) berhak untuk mendapatkan perlindungan data pribadi dan Pengelola Platform berkomitmen untuk menghormati hak privasi semua Pengguna sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum yang berlaku.

Kebijakan Privasi ini ("Kebijakan Privasi" atau "Kebijakan") dirancang untuk membantu Pengguna memahami bagaimana Pengelola Platform mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi yang telah Pengguna percayakan kepada Pengelola Platform dan/atau Pengelola Platform miliki tentang Pengguna, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang, serta untuk membantu Pengguna membuat keputusan yang tepat sebelum memberikan data pribadi Pengguna kepada Pengelola Platform. 

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari Platform sebagaimana tercantum dalam Syarat dan Ketentuan dan informasi lain yang tercantum di Platform) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pengiriman, pembukaan, penyimpanan, perubahan, penghapusan dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna, yang Pengguna berikan kepada Pengelola Platform atau yang Pengelola Platform kumpulkan dari Pengguna maupun pihak ketiga (selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi").

Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, menggunakan atau mengakses setiap fitur atau layanan Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung terkait Pengadaan Barang/Jasa pemerintah yang Pengelola Platform sediakan di Platform (“Layanan”), Pengguna mengakui dan setuju bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Pengguna setuju dan memberikan persetujuan kepada Pengelola Platform untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, dan/atau mengolah Data Pribadi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Ketidakberlakuan sebagian atau salah satu dari ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini, tidak akan menyebabkan Kebijakan Privasi ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/atau tidak dapat dilaksanakan.

Pengguna dapat menarik persetujuan Pengguna untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Data Pribadi Pengguna kapan saja dengan memberikan kepada Pengelola Platform pemberitahuan yang wajar secara tertulis ke bagian layanan Pusat Bantuan di bawah ini. Penarikan persetujuan Pengguna dapat mengakibatkan penghentian akun Pengguna atau hubungan kontraktual Pengguna dengan Pengelola Platform serta mengakibatkan segala konsekuensi lainnya. 

A. Pengumpulan Data Pribadi 

  1. Pengelola Platform mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk dapat memproses registrasi dan verifikasi akun Pengguna, mengelola Platform, serta tujuan-tujuan lainnya terkait pemberian layanan Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung pada pengadaan barang/jasa pemerintah sebagaimana diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Data yang dikumpulkan oleh Pengelola Platform terdiri dari:
    •  Data Pribadi yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna antara lain:

               Non Penyedia

      • ASN/TNI/Polri
        • Nama lengkap
        • Username
        • Foto selfie;
        • Email;
        • Nomor handphone;
        • Nomor Induk Kependudukan (NIK);
        • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP); dan
        • Nomor Induk Pegawai (NIP)/Nomor Registrasi Pokok (NRP).
      •  Non ASN:
        • Nama lengkap;
        • Username;
        • Foto selfie;
        • Email;
        • Nomor handphone
        • Nomor Induk Kependudukan (NIK); dan
        • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP).

               Penyedia

      • Nama lengkap;
      • Username;
      • Foto selfie
      • Email;
      • Nomor handphone; dan
      • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  1. Data Pribadi lainnya yang diserahkan pada saat Pengguna:
    • membuat atau memperbarui akun Pengguna, termasuk diantaranya nama akun pengguna (username), email, nomor handphone, kata sandi, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna;
    • menghubungi Pengelola Platform, termasuk melalui Layanan Pusat Bantuan, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam baik audio maupun video), surat, faksimili, pertemuan tatap muka, email dan/atau media komunikasi lainnya, termasuk saat Pengguna berinteraksi dengan agen layanan Pengguna Pengelola Platform; dan/atau
    • menggunakan fitur pada Platform yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.

3. Data Pribadi yang terekam saat Pengguna menggunakan Platform, yaitu:

    • data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Platform, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
    • data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Platform, termasuk waktu registrasi, dan/atau login;
    • data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan/atau geo-location;
    • data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Platform, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler; dan/atau
    • data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Platform.
  1. Data yang diperoleh dari sumber lain, misalnya seperti identifikasi yang dikeluarkan pemerintah atau informasi tambahan lainnya yang diperlukan untuk tujuan verifikasi dalam Platform.
  2. Pengelola Platform dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut diatas dengan data lain yang Pengelola Platform miliki. Pengguna wajib selalu memastikan bahwa Data Pribadi yang Pengguna serahkan kepada Pengelola Platform adalah Data Pribadi yang benar, lengkap, akurat, dan tidak menyesatkan. Pengguna harus memberitahukan Pengelola Platform apabila terdapat perubahan pada Data Pribadi Pengguna. Setiap ketidaklengkapan, ketidakabsahan, dan/atau ketidakakuratan atas Data Pribadi Pengguna yang dikirimkan kepada Pengelola Platform dapat dianggap sebagai kegagalan untuk mematuhi Kebijakan Privasi Platform, Syarat dan Ketentuan Platform, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku, sehingga mengakibatkan Pengelola Platform tidak dapat memberikan akses Layanan bagi Pengguna, tergantung pada keadaannya. Selanjutnya, Pengguna dengan ini membebaskan Pengelola Platform dari seluruh konsekuensi yang timbul dari kelalaian atau kesalahan Pengguna dalam menjaga kebenaran, kelengkapan, dan akurasi Data Pribadi Pengguna yang diberikan kepada Pengelola Platform.

B. Penggunaan Data Pribadi

Informasi Data Pribadi yang telah diperoleh akan dikelola oleh Pengelola Platform dengan mengikuti kaidah dan standar keamanan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Adapun Data Pribadi yang Pengelola Platform peroleh atau kelola akan digunakan untuk kepentingan Pengguna berupa:

  1. Untuk melaksanakan layanan Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung  terkait kegiatan Pengadaan Barang/Jasa seperti:
    • untuk melakukan proses registrasi dan verifikasi akun Pengguna dalam bentuk registrasi dan verifikasi identitas digital, registrasi dan verifikasi profil, dan registrasi dan verifikasi akses sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan Syarat dan Ketentuan Platform;
    • untuk kepentingan lainnya terkait dengan pelaksanaan SPSE dan Sistem Pendukung pada Pengadaan Barang /Jasa; dan/atau
    • untuk verifikasi, validasi dan/atau konfirmasi dokumen-dokumen terkait Pengadaan Barang/Jasa.
  2. Untuk kepentingan riset dan/atau pengembangan Platform agar Pengelola Platform dapat meningkatkan kualitas Platform, melakukan penyesuaian pada Platform, dan serta memberikan Layanan terbaik bagi Pengguna;
  3. Untuk memfasilitasi komunikasi antara Pengguna dan bagian Layanan Pusat Bantuan untuk Pengguna di Platform, apabila terdapat permasalahan yang berhubungan dengan Layanan yang disediakan oleh Platform;
  4. Untuk catatan internal atau administrasi Pengelola Platform dalam proses pengumpulan dan analisis data transaksi Pengguna;
  5. Untuk menjalankan kewajiban Pengelola Platform sehubungan dengan pelaksanaan kerjasama dengan pihak ketiga; 
  6. Untuk kepentingan audit dan/atau pemeriksaan lainnya terkait dengan penggunaan Platform termasuk pemeriksaan atas dugaan pelanggaran Kebijakan Privasi Platform oleh Pengguna; dan/atau
  7. Untuk kepentingan lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan hak dan/atau kewajiban Pengelola Platform.

C. Hak Pengguna 

Pengguna memiliki hak tertentu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti  hak untuk mendapat kejelasan atas penggunaan Data Pribadi, hak mengubah Data Pribadinya menjadi akurat, hak mendapatkan akses dan salinan Data Pribadi, dan/atau hak menghapus Data Pribadinya yang berada dalam penguasaan dan kendali Pengelola Platform. Sepanjang hak ini tersedia bagi Pengguna sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat melaksanakan hak tersebut dengan menghubungi Pengelola Platform di perincian yang disediakan di bawah ini pada bagian Hubungi Layanan Pusat Bantuan.

Pengelola Platform berhak menolak permintaan Pengguna terhadap akses pada, koreksi dari, dan/atau penghapusan terhadap, sebagian atau seluruh Data Pribadi Pengguna yang Pengelola Platform kuasai dan/atau kendalikan, jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan ketentuan hukum terkait Pelindungan Data Pribadi dan/atau ketentuan hukum lainnya yang berlaku.

D. Pengungkapan Data Pribadi

Pengelola Platform berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Pengelola Platform dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna. Dalam keadaan tertentu Pengelola Platform harus melakukan Pengungkapan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan berikut ini dan/atau tujuan lainnya yang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, yaitu: 

  1. Apabila diharuskan oleh hukum, kepatuhan terhadap hukum (legal compliance), dan/atau untuk kepentingan umum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia; dan/atau
  2. Untuk tujuan audit oleh lembaga atau otoritas pemerintah yang berwenang, dan/atau pemeriksaan lainnya terkait dengan Layanan, keamanan Platform, dan/atau pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa. 

E. Cookies

Cookie(s) adalah pengenal dan/atau file-file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs. Pengelola Platform dapat menggunakan "cookie" atau fitur lain untuk memungkinkan Pengelola Platform mengumpulkan atau berbagi informasi sehubungan dengan penggunaan Pengguna atas Layanan atau Platform. Fitur tersebut membantu Pengelola Platform memperbaiki Platform dan Layanan yang Pengelola Platform tawarkan dan membantu Pengelola Platform menawarkan Layanan serta fitur baru. Pengelola Platform dapat menautkan informasi cookie ke Data Pribadi.

F. Keamanan dan Penyimpanan Data Pribadi

  1. Pengelola Platform melindungi dan menyimpan setiap Data Pribadi dalam sistem selama sistem beroperasi, kecuali adanya permintaan pemusnahan data tertentu sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan. Walaupun Pengelola Platform telah menggunakan upaya terbaiknya untuk dapat menjaga, mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, Pengelola Platform tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada Pengelola Platform oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengelola Pengelola Platform dapat melakukan pemindahan lokasi penyimpanan Data Pribadi sesuai kebutuhan Pengelola Platform guna memberikan pelayanan yang optimal bagi Pengguna.
  3. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal Pengelola Platform membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Pengelola Platform, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut. 
  4. Dalam hal terjadi kebocoran Data Pribadi, Pengelola Platform akan berupaya untuk segera melakukan mitigasi dan menginformasikan kepada pemilik Data Pribadi untuk langkah mitigasi dari kebocoran atau penyalahgunaan Data  pribadi Pengguna serta melakukan upaya terbaik Pengelola Platform.
  5. Dalam upaya menyediakan Layanan yang optimal bagi Pengguna, Pengelola Platform dapat memilih berbagai situs website pihak ketiga untuk ditautkan di dalam Platform. Semua situs yang tertaut ini memiliki kebijakan privasi tersendiri dan independen serta pengaturan keamanan tersendiri. Bahkan, jika pihak ketiga terafiliasi dengan Pengelola Platform, Pengelola Platform tidak memiliki kendali atas situs-situs yang tertaut ini dikarenakan masing-masing pihak ketiga memiliki kebijakan privasi dan/atau praktik pengumpulan data tersendiri yang terpisah dari Pengelola Platform. Silakan baca syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi dari situs website pihak ketiga tersebut untuk mengetahui bagaimana mereka mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Pengguna.
  6. Keamanan dan penyimpanan Data Pribadi akan mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

G. Perbaikan dan Pencabutan atau Penarikan Kembali Persetujuan

  1. Pengguna dapat mengakses dan/atau membetulkan sendiri Data Pribadi yang saat ini Pengelola Platform miliki atau kendalikan. Apabila terdapat kendala dalam perubahan data Pengguna secara mandiri, Pengguna dapat meminta untuk mengakses dan/atau membetulkan Data Pribadi Pengguna yang saat ini Pengelola Platform miliki atau kendalikan dengan mengirimkan permintaan tertulis kepada Pengelola Platform dilengkapi dengan informasi yang cukup dari Pengguna untuk memastikan identitas Pengguna serta menentukan sifat permintaan Pengguna sehingga Pengelola Platform dapat menangani permintaan Pengguna. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh Pengelola Platform apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang sesuai dengan standar Pengelola Platform untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. Pengelola Platform berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang Pengelola Platform miliki atau kuasai, jika informasi yang diberikan tidak cukup atau tidak relevan untuk proses perubahan atau koreksi atas Data Pribadi terkait.
  2. Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Pengelola Platform dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui Layanan Pengelola Platform yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. Pengelola Platform akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, Pengelola Platform mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan Pengelola Platform. 

H. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna

  1. Apabila Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan Data Pribadi atau perlakuan Pengelola Platform terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi Pengelola Platform melalui Layanan Pengguna Pengelola Platform atau kepada kontak Pengelola Platform yang tercantum pada bagian (I) dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.
  2. Pengelola Platform akan menerima setiap pengaduan atau keluhan Pengguna dan akan segera menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.

I. Hubungi Layanan Pusat Bantuan

Dalam hal Pengguna memiliki keluhan, komentar, pertanyaan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi Layanan Pusat Bantuan Pengelola Platform melalui berbagai kanal pengaduan sebagai berikut: Whatsapp pada nomor 0811 5577 0000, email pada alamat layanan@lkpp.go.id, LPSE Support, webchat, atau call center Pusat Bantuan 144.

J. Pembaruan dan Ketentuan Lain

  1. Pengelola Platform dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini sebagai bagian dari kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan/atau kebijakan internal Pengelola Platform. Pengguna setuju bahwa adalah tanggung jawab Pengguna untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang pengolahan data dan praktik perlindungan data Pengelola Platform. Dengan tetap mengakses dan/atau menggunakan Layanan Pengelola Platform, maka Pengguna dianggap menyetujui Kebijakan Privasi dan segala perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini.
  2. Dalam hal terdapat pertentangan antara Kebijakan Privasi ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur lebih spesifik dalam SPSE dan Sistem Pendukung masing-masing, maka Pengguna setuju dan sepakat bahwa ketentuan dalam kebijakan privasi pada masing-masing SPSE dan Sistem Pendukung tersebut yang akan berlaku.
  3. Kebijakan Privasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari panduan pengguna Platform.