Setelah proses Registrasi dan Verifikasi Profil telah berhasil, maka langkah selanjutnya Pengguna akan diminta untuk melanjutkan proses Registrasi dan Verifikasi Akses untuk menghubungkan Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dengan sistem Pengadaan Barang/Jasa terkait. Pada proses Registrasi dan Verifikasi Akses ini juga akan dilakukan pengecekan terkait keabsahan dari dokumen-dokumen perusahaan. Dalam proses ini, Pengguna harus mempersiapkan dokumen-dokumen perusahaan seperti:
- NIB Perusahaan;
- Bukti KSWP;
- Surat pernyataan pemilik/ surat kuasa;
- Surat PKP non PKP;
- Surat Keterangan Kerja; dan
- NPWP perusahaan.
Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan proses Registrasi dan Verifikasi Akses bagi Admin Perusahaan:
- Pada halaman Manajemen Akses, klik tombol “Hubungkan atau Buat Akses”.
- Pengguna akan diminta untuk memilih Tipe Profil sebagai “Penyedia” dan memasukkan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan klik tombol “Cek NIB”. Setelah itu, sistem akan melakukan pengecekan terhadap beberapa hal, seperti:
- Apakah NIB yang dimasukkan valid dan terdaftar pada OSS;
- Apakah NIK Admin Perusahaan sesuai dengan data yang ada pada NIB;
- Apakah NPWP yang melekat pada NIB masuk ke dalam Daftar Hitam; dan
- Apakah NIB telah terdaftar pada sistem.
- Jika NPWP yang melekat pada NIB terdeteksi masuk ke dalam Daftar Hitam, maka Pengguna tidak dapat melanjutkan proses Registrasi & Verifikasi Akses. Pengguna dapat menghubungi Pusat Bantuan untuk informasi lebih lanjut.
- Jika dari hasil pengecekan NIB, NPWP yang melekat pada NIB tidak terdaftar di dalam Daftar Hitam, dan data perusahaan belum tersimpan di database Manajemen Akun Terpusat SPSE, maka Pengguna akan diarahkan ke halaman untuk mendaftarkan informasi usaha.
- Pada langkah ini, beberapa informasi terkait perusahaan akan secara otomatis ditampilkan oleh sistem berdasarkan data NIB yang telah dimasukkan sebelumnya. Pengguna akan diminta untuk melengkapi informasi seputar Informasi Usaha dan/atau melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti:
- Bidang Industri;
- Jabatan;
- Apakah Pengguna merupakan PIC Tanda Tangan atau tidak;
- Jenis Perusahaan (Non-PKP atau PKP);
- Dokumen NIB;
- Dokumen Surat Kuasa;
- Dokumen Surat PKP/Surat Non-PKP;
- Dokumen Surat Keterangan Kerja/Surat Tugas; dan
- Foto NPWPCatatan:
- Bagi Perusahaan dengan Badan Usaha Perorangan, Pengguna tetap akan diminta untuk mengisi informasi terkait NPWP dan Beneficial Ownership (jika data tidak tersedia pada AHU)
- Pastikan informasi pada kolom Nama Perusahaan dan Nomor NPWP yang sesuai dengan dokumen Foto NPWP yang dilampirkan. Jika ketiga kedua informasi tersebut tidak sesuai dengan dokumen Foto NPWP yang dilampirkan, maka ketika Admin Perusahaan mendaftarkan aksesnya, status Enterprise ID akan ditolak.Jika seluruh data telah terisi, klik tombol “Selanjutnya”.
- Selanjutnya, Pengguna akan diarahkan untuk melengkapi alamat perusahaan dan pengiriman.
- Pada kolom alamat perusahaan, Pengguna akan diminta untuk melengkapi informasi terkait:
- Label Alamat → diisi sebagai HQ (Headquarter/Kantor Pusat), Gudang, Lainnya
- Nomor Telepon Alamat → berupa angka, maksimal 13 karakter
- Atur pinpoint pada peta
- Alamat Lengkap → maksimal 100 karakter
- Catatan Pengiriman → maksimal 100 karakter (tidak wajib diisi)Catatan: Setelah informasi alamat perusahaan terverifikasi, maka Pengguna tidak dapat melakukan perubahan terkait informasi alamat perusahaan.
-
Jika alamat perusahaan berbeda dengan alamat pengiriman, maka Pengguna juga harus memasukkan informasi terkait alamat pengiriman, seperti:
- Label Alamat → diisi sebagai HQ (Headquarter/Kantor Pusat), Gudang, Lainnya
- Nama Penerima
- Nomor Telepon → berupa angka, maksimal 13 karakter
- Atur pinpoint pada peta
- Alamat Lengkap → maksimal 100 karakter
- Catatan Pengiriman → maksimal 100 karakter (tidak wajib diisi)Catatan: Setelah informasi alamat pengiriman terverifikasi, Pengguna masih dapat melakukan perubahan terkait informasi alamat pengiriman.
- Jika informasi alamat perusahaan & pengiriman telah terisi, klik tombol “Selanjutnya”.
- Selanjutnya, sistem akan menampilkan seluruh informasi perusahaan yang telah dimasukkan sebelumnya untuk meninjau ulang informasi perusahaan yang akan didaftarkan. Penyedia akan diminta untuk mengkonfirmasi informasi perusahaan dengan mencentang bagian konfirmasi data perusahaan, lalu klik tombol "Kirim".
- Lalu secara otomatis Akses Pengguna akan terverifikasi dan proses akan berlanjut ke tahapan Pengaturan Tanda Tangan Elektronik dengan mengklik tombol “Halaman Tanda Tangan Elektronik”.
- Setelah proses Registrasi dan Verifikasi Akses berhasil, maka pada halaman manajemen akses, Pengguna dapat memilih platform Pengadaan Barang / Jasa yang ingin dimasuki dengan mengklik kolom “Pilih Platform”. Lalu sistem akan memunculkan halaman pop up untuk menampilkan pilihan dari platform pengadaan barang dan jasa yang ingin dimasuki.
- Pengguna dapat memilih platform pengadaan barang dan jasa yang ingin diakses, lalu klik tombol “Pilih”.
- Setelah itu, Pengguna dapat melihat daftar akses yang dimiliki oleh Pengguna. Pengguna dapat memilih akses yang ingin dimasuki pada platform yang dipilih, lalu klik tombol “Selanjutnya”.
- Setelah itu, bagi Penyedia yang baru pertama kali mengakses sistem pengadaan barang dan jasa melalui Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung, Penyedia harus mengkonfirmasi Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi platform yang dipilih, lalu klik tombol “Setuju”.
- Jika Pengguna memiliki beberapa akses yang terhubung, maka Pengguna harus memilih akses yang sesuai, dan klik tombol “Masuk”. Setelah itu, Pengguna akan secara otomatis diarahkan ke sistem Pengadaan Barang/Jasa yang diinginkan. Namun, jika Pengguna hanya memiliki satu akses, maka Penyedia akan langsung diarahkan ke sistem pengadaan barang dan jasa yang diinginkan tanpa harus memilih akses.