Setelah proses Registrasi dan Verifikasi Profil telah berhasil, maka langkah selanjutnya Pengguna akan diminta untuk melanjutkan proses Registrasi dan Verifikasi Akses. Registrasi dan Verifikasi Akses merupakan tahapan yang dilakukan untuk membuktikan kebenaran data kepegawaian untuk dapat memberikan peran Pengguna dalam Akun SPSE.
Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan proses Registrasi dan Verifikasi Akses bagi PP/PPK:
- Pada halaman Manajemen Akses, klik tombol “Hubungkan atau Buat Akses”.
- Pengguna akan diminta untuk memilih Tipe Profil sebagai “Non Penyedia” dan selanjutnya Pengguna akan diminta untuk memasukkan Role pada halaman pendaftaran Akses, lalu klik tombol "Hubungkan Akses".
- Setelah itu, Pengguna akan diminta untuk mengisikan formulir untuk melengkapi detail informasi untuk menghubungkan akses.
Berikut merupakan daftar kolom informasi yang perlu diisikan berdasarkan dengan peran Pengguna:
Daftar Kolom Informasi
Keterangan Username pada Platform Sebelumnya Tidak Wajib Diisi Golongan Wajib Diisi Jenis Instansi (Lembaga, Provinsi, atau Kementerian) Wajib Diisi Nama Instansi Wajib Diisi Satuan Kerja Wajib Diisi Masa Berlaku Jabatan Wajib Diisi NPWP Satuan Kerja Wajib Diisi Divisi/Unit Kerja Tidak Wajib Diisi Alamat Satuan Kerja Hanya perlu diisikan oleh Pengguna yang pertama kali mendaftarkan aksesnya pada satuan kerja tersebut Upload Surat Keterangan Kerja/Surat Tugas Wajib Diisi - Jika semua informasi dan dokumen yang diperlukan telah terisi, klik tombol “Ajukan Akses”.
- Selanjutnya, sistem akan menampilkan seluruh informasi akses yang telah dimasukkan sebelumnya untuk meninjau ulang informasi yang akan dimasukkan. Pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi informasi akses dengan mencentang bagian konfirmasi data perusahaan, lalu klik tombol "Kirim".
- Setelah Pengguna mengklik tombol “Ajukan Akses”, pengajuan akses Verifikator Akses INAPROC akan diverifikasi. Pengguna akan diminta untuk menunggu selama proses verifikasi akses sedang berlangsung.
- Jika proses Registrasi dan Verifikasi Akses telah berhasil, maka Pengguna akan mendapatkan email notifikasi yang menginformasikan bahwa akses pengguna telah disetujui dan Pengguna akan diarahkan ke halaman dashboard Manajemen Akun Terpusat SPSE dan proses akan berlanjut ke tahapan nomor 11.
- Namun jika Registrasi dan Verifikasi Akses Pengguna ditolak, sistem akan mengirimkan email notifikasi untuk menginformasikan hal tersebut dan status Akses pada halaman Pengaturan Informasi Instansi/Perusahaan menjadi Rejected. Pengguna dapat melakukan pendaftaran ulang dan proses akan kembali ke tahapan nomor 1.
- Setelah proses Registrasi dan Verifikasi Akses berhasil, maka pada halaman Manajemen Akses, Pengguna dapat memilih platform pengadaan barang dan jasa yang ingin dimasuki dengan mengklik kolom “Pilih Platform”. Lalu sistem akan memunculkan halaman pop up untuk menampilkan pilihan dari platform pengadaan barang dan jasa yang ingin dimasuki, seperti Katalog Elektronik.
- Pengguna dapat memilih platform pengadaan barang dan jasa yang ingin diakses, lalu klik tombol “Pilih”.
- Setelah itu, Pengguna akan dapat melihat daftar akses yang dimiliki oleh Pengguna. Pengguna dapat memilih akses yang ingin dimasuki pada platform yang dipilih, lalu klik tombol “Selanjutnya”.
- Setelah itu, bagi Penyedia yang baru pertama kali mengakses sistem pengadaan barang dan jasa melalui Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung, Penyedia harus mengkonfirmasi Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi platform yang dipilih, lalu klik tombol “Setuju”.
- Jika Pengguna memiliki beberapa akses yang terhubung, maka Pengguna harus memilih akses yang sesuai, dan klik tombol “Masuk”. Setelah itu, Pengguna akan secara otomatis diarahkan ke sistem Pengadaan Barang/Jasa yang diinginkan. Namun, jika Pengguna hanya memiliki satu akses, maka Penyedia akan langsung diarahkan ke sistem pengadaan barang dan jasa yang diinginkan tanpa harus memilih akses.