DAFTAR ISI
1. Panduan Pengaturan bagi Admin Perusahaan
Sebagai Admin Perusahaan, berikut akses Pengaturan yang dapat dilakukan oleh Pengguna:
1. Pengaturan - Perusahaan & Akun
Pada tahap ini, Pengguna dapat melihat informasi akun Pengguna dan juga mengelola informasi anggota perusahaan. Pada saat Pengguna mengakses menu Pengaturan - Perusahaan & Akun, Pengguna akan secara otomatis diarahkan pada halaman Identitas Digital & Profil pada Manajemen Akun Terpusat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Untuk panduan lebih detail terkait Pengaturan - Perusahaan & Akun Pengguna dapat mengakses Panduan Pengguna Bagi Penyedia Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung.
Gambar Entry Point menu Pengaturan - Perusahaan & Akun
Gambar Halaman Pengaturan pada Manajemen Akun Terpusat SPSE
2. Pengaturan - KBLI
Pada menu pengaturan ini, Pengguna dapat melihat informasi KBLI yang terdaftar pada OSS.
Gambar Tampilan pada Pengaturan - KBLI
3. Pengaturan - Tanda Tangan Elektronik
Pada tahap ini, Pengguna dapat melihat informasi Pengaturan tanda tangan elektronik dan juga mengelola informasi anggota perusahaan. Pada saat Pengguna mengakses menu Pengaturan tanda tangan elektronik, Pengguna akan secara otomatis diarahkan pada pengaturan tanda tangan elektronik di Manajemen Akun Terpusat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Untuk panduan lebih detail terkait Pengaturan - Perusahaan & Akun Pengguna dapat mengakses Panduan Pengguna Bagi Penyedia Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung.
Gambar Tampilan pada Pengaturan E - Sign
Gambar Halaman Pengaturan tanda tangan pada Manajemen Akun Terpusat SPSE
4. Verifikasi Akun Privy Enterprise
Pada bagian halaman “Pengaturan Tanda Tangan Elektronik” terdapat dua informasi akun privy yang terdaftar yaitu akun privy personal penyedia dan akun privy perusahaan. Penyedia perlu memastikan bahwa akun privy sudah terverifikasi. Jika akun privy perusahaan belum terverifikasi, maka dapat mempengaruhi penyelesaian proses transaksi pembelian produk. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Penyedia terkait verifikasi akun privy perusahaan :
- Jika status Akun PPN Penyedia “Terverifikasi” namun status Privy Enterprise “Pending” maka Penyedia akan diarahkan ke halaman khusus. Setelah itu, Penyedia akan mendapatkan informasi mengenai proses verifikasi akun privy perusahaan.
- Proses verifikasi akun privy perusahaan adalah 1 x 24 jam ( termasuk hari libur dan sabtu-minggu).
- Penyedia perlu untuk melakukan pengecekan status verifikasi akun privy secara berkala.
- Jika status akun privy perusahaan penyedia “Ditolak”, maka penyedia akan diarahkan ke halaman khusus. Setelah itu, Penyedia dapat mengetahui alasan akun privy ditolak.
-
Berikut beberapa alasan yang muncul pada informasi status akun privy :
- NPWP tidak terbaca (misalnya gambar tidak jelas, terlalu kecil, dan lain-lain)
- Tidak mengunggah NPWP perusahaan
- Terdapat ketidaksesuaian nama perusahaan dengan NPWP yang diunggah
- Terdapat ketidkasesuaian nomor NPWP dengan NPWP yang diunggah.
- Menampilkan tombol yang mengarahkan ke halaman upload dokumen
Gambar Halaman Akun Privy Sudah Terverifikasi
-
Lalu, Penyedia dapat menekan tombol yang mengarahkan ke halaman upload dokumen. Penyedia perlu memperhatikan bahwa yang dapat melakukan proses upload dokumen adalah penyedia dengan Persona Admin. Penyedia dengan persona sebagai member perusahaan tidak dapat melakukan proses upload dokumen.
5. Pengaturan - Alamat Pengiriman
Pada tahap ini, Pengguna dapat melihat informasi Pengaturan alamat pengiriman dan juga menambahkan alamat baru. Pada saat Pengguna mengakses menu Pengaturan alamat pengiriman, Pengguna akan secara otomatis diarahkan pada pengaturan tanda tangan elektronik di Manajemen Akun Terpusat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Untuk panduan lebih detail terkait Pengaturan - Perusahaan & Akun Pengguna dapat mengakses Panduan Pengguna Bagi Penyedia Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung.
Gambar Tampilan pada pengaturan alamat pengiriman
Gambar 14. Halaman Pengaturan Alamat Pengiriman pada Manajemen Akun Terpusat SPSE
6. Pengaturan - Rekening Bank
Pada tahap ini, Pengguna dapat mengelola informasi Rekening Bank. Pengguna dapat melakukan pendaftaran data rekening bank perusahaan dan juga dapat menambahkan data rekening bank perusahaan. Jumlah maksimum data rekening bank yang dapat ditambahkan pada satu perusahaan adalah 5 (lima) rekening bank. Pada saat Pengguna mengakses menu Pengaturan alamat pengiriman, Pengguna akan secara otomatis diarahkan pada pengaturan tanda tangan elektronik di Manajemen Akun Terpusat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Untuk panduan lebih detail terkait Pengaturan - Perusahaan & Akun Pengguna dapat mengakses Panduan Pengguna Bagi Penyedia Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung.
Gambar Tampilan Pengaturan Rekening Bank
7. Pengaturan - Pengiriman
Penyedia diharuskan untuk melakukan pengaturan dan memilih Jasa Pengiriman yang akan digunakan. Hal ini akan memengaruhi proses pendaftaran produk dan juga proses aktifasi toko.
Terdapat 2 metode pengiriman yang dapat diatur oleh Penyedia, yaitu:
1. Jasa pengiriman pihak ketiga terintegrasi
2. Jasa pengiriman melalui Kurir Penyedia
6.1 Mengatur Kurir Jasa Pengiriman Pihak Ketiga Terintegrasi (Mitra Pengiriman)
Berikut langkah-langkah untuk mengatur kurir Jasa Pengiriman Pihak Ketiga:
1. Pada menu Pengaturan, pilih opsi “Pengiriman”. Pilih tab “Jasa Pengiriman”.
Gambar Halaman Pengaturan Kurir Jasa Pengiriman Pihak Ketiga
2. Pada bagian Jasa Pengiriman, Penyedia dapat memilih mitra dan jenis pengiriman sesuai dengan pilihan mitra pengiriman yang tersedia, lalu klik tombol “Simpan”.
6.2 Mengatur Kurir Penyedia
Untuk pengaturan Kurir Penyedia, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Harga pengiriman yang dimasukkan pada pengaturan kurir penyedia, merupakan harga sebelum dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
2. Harga Pengiriman yang dimasukkan adalah per kilogram (Kg).
Berikut langkah-langkah untuk mengkonfigurasi jasa pengiriman:
a. Pada menu Pengaturan, pilih opsi “Pengiriman”. Pilih tab “Kurir Penyedia”.
b. Pada halaman Kurir Penyedia, akan dimunculkan opsi pengiriman pada setiap provinsi. Penyedia dapat memilih cakupan wilayah pengiriman dari Kurir Penyedia dan juga harga dan estimasi waktu sampai.
Gambar Halaman Pengaturan Kurir Penyedia
c. Jika cakupan pengiriman mencakup pada level kota/kabupaten, maka Penyedia dapat melakukan pengaturan lebih detail untuk harga dan estimasi sampai di setiap kota/kabupaten.
Gambar Halaman Pengaturan Cakupan Pengiriman Kabupaten/Kota 1
4. Jika cakupan pengiriman tidak mencakup level kota/kabupaten, maka Penyedia hanya perlu mengisikan informasi harga dan estimasi sampai di level Provinsi saja, dan kolom pengaturan informasi harga dan estimasi sampai pada setiap kota/kabupaten akan menjadi non-aktif.
Gambar Halaman Pengaturan Cakupan Pengiriman Kabupaten/ Kota 2
5. Jika proses pengaturan pengiriman pada Kurir Penyedia telah selesai, maka klik tombol “Simpan”.
8. Pengaturan - Pengaturan Toko
Pengguna dapat melakukan pengisian informasi dan catatan kebijakan toko masing-masing penyedia.
Pada tahap ini, terdapat 2 (dua) hal yang harus diperhatikan dalam proses pengisian informasi dan catatan toko, yaitu:
1. Informasi Toko
Di dalam informasi toko ini penyedia wajib melakukan pengisian tiga informasi yaitu:
a. Nama Toko
Merupakan informasi yang wajib diisi. Penyedia harus memastikan bahwa nama toko mudah untuk dicari pembeli, dan tidak melanggar Hak Cipta atau merek dagang lain.
b. Deskripsi Toko
Merupakan informasi tentang keterangan toko dan jualan yang diinformasikan secara singkat, menarik, dan informatif
c. Gambar atau Logo Toko
Penyedia melakukan unggah Gambar atau logo toko dengan format .jpg, .jpeg, .png, dengan ukuran maksimal 10 MB.
Gambar Halaman Penyedia Memasukkan Informasi Toko
2. Catatan Kebijakan
Disini Penyedia dapat menginformasikan dua hal, yaitu:
a. Kebijakan
Penyedia dapat memberikan informasi tentang kebijakan pengembalian barang, transaksi, perlindungan, keamanan pelanggan, dan informasi lainnya.
b. Catatan
Penyedia dapat memberikan informasi tentang catatan toko yang akan ditampilkan di halaman toko.
Gambar Halaman Memasukkan Catatan & Kebijakan Toko
2. Panduan Pengaturan bagi Anggota Perusahaan
Sebagai Anggota Perusahaan, akses pengaturan yang saat ini diberikan ialah hanya untuk melihat informasi Identitas Digital dan Profil. Ketika Pengguna mengklik menu Pengaturan pada halaman Sistem Manajemen Penyedia, Pengguna akan secara otomatis diarahkan pada menu pengaturan Identitas Digital & Profil pada Manajemen Akun Terpusat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Untuk panduan lebih detail terkait Pengaturan - Perusahaan & Akun Pengguna dapat mengakses Panduan Pengguna Bagi Penyedia Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung.