Penyedia dapat melihat daftar rekening bank yang telah didaftarkan pada Manajemen Akun Terpusat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) pada halaman Pengaturan - Rekening Bank. Jika Penyedia merupakan anggota perusahaan, maka mereka hanya dapat melihat informasi rekening bank yang telah didaftarkan. Namun, jika Penyedia merupakan Admin perusahaan, maka mereka dapat melakukan pendaftaran data rekening bank perusahaan dan juga dapat menambahkan data rekening bank perusahaan. Jumlah maksimum data rekening bank yang dapat ditambahkan pada satu perusahaan adalah 5 (lima) rekening bank.

Melakukan Pendaftaran/Penambahan Rekening Baru

Admin Perusahaan dapat melakukan pendaftaran rekening baru ataupun menambahkan rekening baru. Berikut merupakan tahapan untuk melakukan melakukan pendaftaran/menambahkan rekening baru:

  1. Pada halaman Pengaturan - Rekening bank, klik tombol “Tambah Rekening”.

  1. Setelah itu akan dimunculkan pop up halaman penambahan rekening, terdapat beberapa kolom informasi yang harus dilengkapi oleh Admin, seperti:
  • Nama Bank → dropdown, pastikan bahwa nama Bank yang dipilih, merupakan bank yang terdaftar di BI Fast;
    Daftar Bank yang terdaftar di BI Fast, dapat dilihat pada lampiran di bawah.
  • Nomor Rekening → free text; dan 
  • Kantor Cabang → free text, tidak wajib.

  1. Jika seluruh informasi telah terisi, klik tombol “Cek & Simpan”, lalu secara otomatis sistem akan melakukan pengecekan terkait validitas data rekening yang dimasukkan oleh Admin.
  2. Setelah itu, sistem akan memunculkan data terkait rekening yang didaftarkan. Data yang ditampilkan oleh sistem yaitu:
  • Nama Bank;
  • Nama Cabang;
  • Nomor Rekening; dan
  • Nama Pemilik.

  1. Setelah itu, maka akan muncul tombol untuk mengkonfirmasi data rekening tersebut. Klik tombol “Konfirmasi”.

  1. Jika proses verifikasi berhasil, maka secara otomatis rekening baru akan ditambahkan pada Daftar Rekening Bank yang terdapat pada Halaman Pengaturan - Rekening Bank di Manajemen Akun Terpusat bagi Pengguna SPSE dan Sistem Pendukung.

Melakukan Pergantian Status Aktif/Tidak Aktif pada Nomor Rekening

Admin Perusahaan dapat melakukan pergantian status rekening menjadi tidak aktif, maupun sebaliknya dengan cara:

  1. Mengklik toggle aktif pada rekening yang ingin diaktifkan.

  1. Akan muncul pop up box untuk mengkonfirmasi aktivasi data rekening dan secara otomatis status aktivasi dari rekening akan terupdate.

Menjadikan Rekening Utama

Admin Perusahaan dapat melakukan pengaturan rekening menjadi rekening utama dengan cara:

  1. Mengklik tautan “Jadikan Rekening Utama” pada salah satu daftar rekening yang aktif.

  1. Akan muncul pop up box untuk mengkonfirmasi proses, klik tombol “Ya” dan otomatis rekening tersebut akan berubah menjadi rekening utama.




Menghapus Rekening Bank

Admin dapat menghapus rekening bank dengan cara:

  1. Mengklik tautan “Hapus” pada daftar rekening yang ingin dihapus.

  1. Akan muncul pop up box untuk mengkonfirmasi proses penghapusan data rekening, klik tombol “Ya” dan otomatis data rekening bank tersebut telah dihapus dari daftar rekening.