Pengguna dapat melakukan perubahan nomor handphone yang saat ini terdaftar pada Manajemen Akun Terpusat SPSE secara mandiri.
Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan perubahan Nomor Handphone:
- Untuk melakukan perubahan data Nomor Telepon, Pengguna akan diarahkan untuk melakukan perubahan melalui pengisian formulir web pada Pusat Bantuan. Akses halaman Pusat Bantuan pada tautan https://bantuan.inaproc.id/.
- Pada halaman Pusat Bantuan, klik tombol “Buat Tiket”.
- Setelah itu, Pengguna akan diarahkan ke halaman formulir web untuk mengisikan detail isu permasalahan. Berikut kolom yang perlu diisi untuk dapat melakukan perubahan Nomor Telepon:
-
- Alamat Email Anda;
- Jenis Layanan: Manajemen Akun INAPROC;
- Email Akun INAPROC;
- Apakah Email & Nomor Handphone Anda berhasil terverifikasi: Ya;
- Apakah Profil (KTP & Swafoto) Anda berhasil terverifikasi? Ya;
- Nomor Induk Kependudukan (NIK);
- Peran yang didaftarkan: diisi sesuai dengan peran yang didaftarkan pada Akses Pengguna;
- Berhasil mengakses/login ke Sistem Manajemen Penyedia/Katalog Elektronik v6: Ya;
- Ingin melakukan perubahan informasi?: Ya; dan
- Informasi yang ingin diubah: Ubah Nomor Telepon.
Jika seluruh informasi yang dibutuhkan telah terisi, klik tombol “Kirim” untuk melanjutkan proses.
- Setelah melakukan pengisian pada formulir web di Pusat Bantuan. Secara otomatis Pengguna akan mendapatkan pesan balasan melalui email yang akan mengarahkan Pengguna untuk melanjutkan proses perubahan Nomor Telepon ke halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE. Klik tautan yang terdapat pada email untuk melanjutkan proses perubahan Nomor Telepon.
Catatan: Pengguna hanya dapat melakukan permintaan perubahan Nomor Telepon sebanyak 1 kali selama 24 jam.
- Selanjutnya, Pengguna yang mengakses tautan perubahan nomor handphone akan diminta untuk melakukan login ke halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE. Masukkan Username atau Email dan Kata Sandi, lalu klik tombol “Masuk” untuk login.
- Setelah login, Pengguna akan diarahkan ke halaman verifikasi untuk proses perubahan Nomor Telepon. Pada tahap ini, Pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi terhadap data Nomor Telepon yang saat ini masih terdaftar pada Manajemen Akun Terpusat SPSE. Klik tombol “Kirim Kode OTP” untuk melakukan verifikasi Nomor Telepon sebelumnya.
- Setelah itu, secara otomatis sistem akan mengirimkan kode OTP melalui WhatsApp. Masukkan kode OTP yang telah diterima pada halaman verifikasi OTP Nomor Lama pada halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE. lalu klik tombol “Verifikasi Nomor Lama”
- Setelah itu, jika proses verifikasi Nomor Telepon sebelumnya telah berhasil, Pengguna akan diarahkan kembali untuk login ke halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE. Masukkan kembali Username atau Email dan Kata Sandi, lalu klik tombol “Masuk”.
- Pengguna akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan Nomor Telepon baru yang akan diubah. Masukkan nomor telepon baru diawali dengan angka 8xxxxxx, lalu klik tombol “Lanjut”.
- Setelah itu, secara otomatis sistem akan mengirimkan kode OTP melalui WhatsApp untuk melakukan verifikasi terhadap nomor baru. Masukkan kode OTP yang telah diterima pada halaman verifikasi OTP Nomor Lama pada halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE lalu klik tombol “Verifikasi”
- Jika Pengguna berhasil melakukan verifikasi pada Nomor Telepon baru, proses perubahan Nomor Telepon telah berhasil dan data Nomor Telepon pada halaman Pengaturan - Identitas Digital dan Profil telah berhasil diubah.
Catatan: Perubahan Nomor Telepon hanya dapat dilakukan sebanyak 2 kali.