Pengguna dapat melakukan perubahan email yang telah terdaftar pada Manajemen Akun Terpusat SPSE secara mandiri. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan perubahan Email:
- Untuk mengubah alamat email, pengguna perlu mengajukan permintaan melalui formulir web di Pusat Bantuan pada tautan (https://bantuan.inaproc.id/hc/id-id/) .
- Pada halaman pusat bantuan, klik tombol “Buat Tiket”.
- Setelah itu, Pengguna akan diarahkan ke halaman formulir web untuk mengisikan detail isu permasalahan. Berikut kolom yang perlu diisi untuk dapat melakukan perubahan Email:
- Alamat Email Anda;
- Jenis Layanan: Manajemen Akun INAPROC;
- Email Akun INAPROC;
- Apakah Email & Nomor Handphone Anda berhasil terverifikasi: Ya;
- Apakah Profil (KTP & Swafoto) Anda berhasil terverifikasi? Ya;
- Nomor Induk Kependudukan (NIK);
- Peran yang didaftarkan: diisi sesuai dengan peran yang didaftarkan pada Akses Pengguna;
- Berhasil mengakses/login ke Sistem Manajemen Penyedia/Katalog Elektronik v6: Ya;
- Ingin melakukan perubahan informasi?: Ya; dan
- Informasi yang ingin diubah: Ubah Email.
Jika seluruh informasi yang dibutuhkan telah terisi, klik tombol “Kirim” untuk melanjutkan proses.
- Setelah melakukan pengisian pada formulir web di Pusat Bantuan. Secara otomatis Pengguna akan mendapatkan pesan balasan melalui email yang akan mengarahkan Pengguna untuk melanjutkan proses perubahan Email ke halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE. Klik tautan yang terdapat pada email untuk melanjutkan proses perubahan Email.
- Selanjutnya, Pengguna yang mengakses tautan perubahan nomor handphone akan diminta untuk melakukan login ke halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE. Masukkan Username atau Email dan Kata Sandi, lalu klik tombol “Masuk” untuk login.
- Setelah Login, Pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan proses perubahan email. pada halaman ini, akan ditampilkan informasi mengenai email yang saat ini terdaftar pada Manajemen Akun Terpusat SPSE & kolom email baru untuk dilengkapi oleh Pengguna.
- Setelah Pengguna mengakses tautan perubahan email, sistem akan melakukan pengecekkan terhadap email baru yang telah dimasukkan oleh Pengguna:
- Apabila email baru yang dimasukkan Pengguna telah terdaftar, maka sistem akan menampilkan error message. Pengguna akan disarankan untuk menggunakan email lain yang belum terdaftar pada Manajemen Akun Terpusat SPSE.
- Apabila email belum terdaftar di Manajemen Akun Terpusat SPSE, Pengguna dapat melanjutkan perubahan email ke tahap berikutnya, yaitu tahapan Verifikasi Email.
- Verifikasi akan dilakukan dua kali melalui OTP yang akan dikirimkan melalui email:
-
- Verifikasi pertama pada Email Lama yang telah terdaftar pada Manajemen Akun Terpusat SPSE
- Verifikasi kedua pada Email Baru
- Untuk memverifikasi email lama Pengguna, sistem akan mengirimkan Kode OTP ke alamat email yang saat ini terdaftar di akun INAPROC Pengguna.
- Pada halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE, Pengguna akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang diterima melalui email, kemudian menekan tombol “Verifikasi Email Lama”. Jika terdapat kesalahan pada proses memasukkan kode OTP, Pengguna memiliki kesempatan 3x untuk mengulang proses input OTP pada email lama. Jika terdapat kesalahan pada proses memasukkan kode OTP, Pengguna memiliki kesempatan 3x untuk mengulang proses input OTP pada email lama.
- Jika proses verifikasi Email lama telah berhasil, maka selanjutnya Sistem akan mengirimkan Kode OTP melalui Email baru yang sebelumnya telah dimasukkan oleh Pengguna untuk memverifikasi email baru Pengguna.
- Pada halaman Manajemen Akun Terpusat SPSE, Pengguna akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang diterima melalui email, kemudian menekan tombol “Verifikasi Email Baru”. Pengguna diberikan kesempatan untuk melakukan kesalahan dalam memasukkan OTP sebanyak 3x. Jika telah melampaui 3x kesalahan, maka Pengguna akan diminta untuk menunggu terlebih dahulu selama 24 jam untuk dapat melakukan permintaan pengiriman OTP yang baru.
- Sistem akan memproses perubahan alamat email Pengguna. Notifikasi perubahan email akan dikirimkan kepada Pengguna melalui email lama dan email baru. Saat perubahan email berhasil dilakukan, akan ada email notifikasi yang dikirimkan ke email baru & email yang lama untuk memberitahu Pengguna bahwa perubahan email telah berhasil diubah. Lalu, setelah berhasil diubah, secara otomatis informasi pada halaman Pengaturan - Identitas Digital & Profil akan berubah.